• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kabut Asap Selimuti Pekanbaru, Pembagian Masker Secara Swadaya Marak

18 September
09:00 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Musibah kabut asap yang menyelimuti wilayah Riau selama hampir satu bulan terakhir. Tidak hanya berdampak pada aktivitas masyarakat dalam berbagai sektor, kabut asap yang tak kunjung hilang juga berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi pernapasan. Upaya pencegahan pun perlu dilakukan untuk menghindari meluasnya gangguan pernapasan terhadap masyarakat Riau yang disebabkan oleh kabut asap. Sehingga pembagian masker secara swadaya marak dilakukan.

Seperti dilakukan oleh Mitra driver GOJEK yang dalam kesehariannya berada di jalan raya juga beresiko mengalami gangguan pernapasan akibat terpapar kabut asap. Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampakkabut asap, GOJEK berinisiatif untuk membagikan ribuan masker gratis kepada mitra driver dan masyarakat umum.

Bersama-sama dengan sejumlah mitra, pembagian masker ini dilakukan di sejumlah lokasi seperti di Pekanbaru dan Duri di antaranya di Jalan Mawar, Jalan Hangtuah, simpang lampu merah Jalan Arifin Ahmad, dan simpang lampu merah Jalan Riau dan Yos Sudarso. Masker gratis juga dibagikan hingga ke posko-posko komunitas mitra driver.

“Kami menyadari dengan sering berada di jalan, mitra driver memliki resiko gangguan pernapasan akibat kabut asap. Begitu juga denganmasyarakat Riau yang hingga saat ini belum bisa menghirup udara bersih. Kami berharap, pembagian masker gratis ini dapat membantu mengurangi jumlah korban yang terkena gangguan pernapasan,” tutur Cut Emmyra, District Head Gojek Pekanbaru, Rabu (18/9/2019).

Sementara itu, masyarakat Kota Pekanbaru tetap beraktivitas di tengah kabut asap hasil kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Sebagian warga berusaha melindungi paru-paru agak tak terdampak kabut asap menggunakan masker.

Ada juga yang tak sempat memakai masker karena biasanya pada pagi hari buta, apotek ataupun tempat penjual masker pelindung dari kabut asap belum buka. Namun tak perlu khawatir, karena di berbagai persimpangan jalan dalam beberapa hari terakhir selalu ada pembagian masker gratis.

Sejumlah komunitas peduli kabut asap juga turut membagikan ratusan kotak masker yang terjadi hampir setiap hari di Kota Pekanbaru, maupun di daerah lain di Provinsi Riau. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00