• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pelantikan 65 Anggota DPRD Riau Periode 2019-2024 , Diwarnai Demo

6 September
16:15 2019
1 Votes (5)

Ke 65 anggota dewan itu di Lantik berdasarkan Sk Mendgri No 1631.14-3862/2019 tentang
pengangkatan anggota DPRD  Riau  periode 2019-2024 yang di bacakan oleh Sekwan DPRD Riau Kaharuddin.

Sidang paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Riau periode 2014-2019 Septina Primawati didampingi Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar, Kordias Pasaribu dan Sunaryo. Hadir pula Gubernur Riau Syamsuar beserta Wagub Riau Edy Natar Nasution.

Pengucapan sumpah dan janji jabatan 65 Anggota DPRD Riau  dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Riau, Dr. Eka Kartika, SH, M.Hum

Selanjutnya dilakukan penyematan pin  kepada dua perwakilan anggota dewan yakni Sukarmis dan Soniwati oleh Wakil Ketua Pengti Riau Eka Kartika.

Dalam kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan pengumuman pimpinan DPRD Riau sementara yang disampakan oleh Sekretaris Dewan Kaharuddin.

"Pimpinan sementara terdiri atas Ketua dan Wakil Ketua berasal dari partai politik yang memiliki perolehan kursi terbanyak di Provinsi Riau. Berdasarkan surat dari Partai Golongan Karya perihal pengajuan ketua DPRD Riau sementara dengan menunjuk Sukarmis. Sementara itu, selaku Wakil Ketua DPRD sementara Zukri Misran ditunjuk dari dari PDI Perjuangan," sebut Sekwan Kaharuddin.

Kemudian dilanjutkan Serah terima jabatan dari pimpinan DPRD Riau masa jabatan 2014-2019 kepada pimpinan DPRD Riau sementara periode 2019-2024 ditandai dengan penyerahan palu pimpinan dan buku memori dari ketua lama Septina Kepada Ketua Sementara Sukarmis dan Wakil ketua sementara Zukri Misran.

Sukarmis selaku ketua DPRD Riau sementara  dalam sambutannya, mengatakan tugas  pimpinan sementara melanjutkan pimpinan rapat paripurna, dan memfasilitasi pembentukan Fraksi dan AKD.

Sukarmis juga berharap dapat di berikan tunjuk ajar dalam menjalan tugas sebagai pimpinan sementara.

"Kedudukan kami sebagai wadah untuk memfasilitsi tugas terpatas sesuai pedoman tatib, mohon dukungan segenap masyaraat mewaki daerah masing, lebih baik maju sejahtera di masaa akan datang, karena dalam mengemban tugs yang baru  tak mugkin kerja sendiri, " papar Sukarmis.

Saat Sukarmis menyampaikan sambutan, tiba-tiba di sudut kanan ruang rapat paripurna sejumlah mahasiswa menggelar aksi demo dengan membentang kan spanduk namun aksi itu langsung di hentikan petugas yang menarik keluar para pendemo  dari ruang rapat paripurna.

Sedangkan rapat paripurna dilanjutkan dengan Gubernur Riau, Syamsuar yang menyampaikan Pidato Mendagri yang menyebutkan keberadaan DPRD   merupakan perangkat kenegaraan tempat masyarakat sampaiakan aspirasi.

" Kebijakan dasar bagi eksekutif menjalankan roda pemerintah melaui rancanagan peraturan daerah, DPRD dan kepala daerah diberi mandat rakyat untuk nelaksnakan urusan pemerintahan,"kata Gubri.

DPRD menurut Gubri memiliki fungsi perda,  anggaran dan pengawasan ,  kepala daerah pelaksnaan aturan daerah dan kebijakan daerah.(ls)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00