• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu Serentak 2017

Lindungi Anak, Kementrian PPPA RI Sosialisasikan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak

22 August
14:03 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru: Dari survei angka kekerasan anak masih tinggi, di lakukan oleh kalangan terdekat juga teman sendiri, artinya kekerasan anak terjadi di mana saja.

Hal tersebut  perlu mendapatkan perhatian semua pihak termasuk kalangan media.

Untuk peningkatan kualitas pemberitaan media tentang anak, Kementerian PPPA RI bekerjasama dengan Dewan Pers melakukan sosialisasi Pedoman Pemberitaan  yang Ramah Anak selama satu hari di Pekanbaru.

Deputi Partisipasi Masyarakat dan Perlindungan Anak Kementerian PPPA RI ,Indra Gunawan, saat membuka kegiatan Kamis (22/8/2019) menyebutkan menjadi penting bagi pihaknya yang ingin bersinergi dengan pers dalam mendorong upaya pemerintah menyelesaikan kasus kekerasan  anak.

"Terjadinya kekerasan pada anak, bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Ini perlu menjadi perhatian semua pihak untuk menyikapinya, dan menjadi penting bersinergi dengang pers untuk membantu menyelesaikan persoalan kekerasan anak, " sebut Indra Gunawan.

Dikatakan, untuk pemenuhan kebutuhan anak agar dapat tumbuh berkembang dengan baik, ada UU perlindungan anak. Pedoman itu juga menjadi perlindungan kepada jurnalis ketika terjadi masalah hukum yang diakibatkan pemberitaan yang tidak ramah pada anak anak dan korban kekerasan pada anak.

"Dalam proses perlindungan anak ada peran media , Karena banyak sekali isu mengenai kekerasan pada anak yang diberitakan secara masive oleh media," ujarnya.

Pada HPN beberapa waktu lalu menurutnya didepan Presiden RI sudah menandatangani MoU mengenai pemberitaan yang ramah. Seperti saat memberitakan peristiwa kekerasan pada anak, akan dapat membentuk stigma yang bisa saja kurang ramah terutama pada korban kekerasan pada anak seperti memasang foto korban.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai media di Riau dan pekerja sosial bidang perlindungan perempuan dan anak serta instansi terkait di lingkungan Pemprov Riau dengan Nara sumber dari kementrian PPPA dan Dewan Pers .(ls)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00