• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Setelah Wukuf, Jemaah Haji Riau Mulai Lakukan Lontar Jumrah

12 August
17:57 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Inti dari ibadah haji wukuf di Arafah telah dijalani, saat wukuf jemaah haji merenung dan memanjatkan ayat-ayat suci serta mendengarkan khotbah, wukuf di Padang Arafah untuk jemaah haji Indonesia khususnya dari Riau diisi dengan khutbah. Namun saat ini jemaah melakukan lontar jumrah.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH EHA Riau, HM Saman, Senin (12/8/2019).

Dia menjelaskan selain melaksanakan rangkaian ibadah haji, jemaah juga dibekali ilmu tentang haji mabrur.

"Bila ingin mendapat haji mabrur dengan balasan surga maka jemaah harus mewujudkan kepedulian sosial dan menebarkan kedamaian di tengah masyarakat," katanya.

Menurutnya, jemaah terus melakukan rangkaian ibadah lainnya setelah wukuf di Arafah, dijadwalkan rangkaian ibadah di kota mekkah berlangsung selama empat hari.

"Setelah wukuf di Padang Arafah. Jemaah haji bergerak menuju muzdalifah, pergeseran jemaah sepanjang 7 kilometer dilakukan dengan menggunakan bus," uainya.

Kemudian, Mina menjadi tujuan berikutnya, jutaan umat muslim dari seluruh dunia akan melontar jumrah, ritual yang juga wajib dilakukan setelah wukuf di Arafah.

"3 tugu yang dilontar dengan kerikil masing-masing 7 kali selama 3 hari bertutut turut,  maknanya meneladani Nabi Ibrahim AS melempari setan saat digoda yang artinya menjauhkan godaan setan dari dalam diri," ungkapnya.

Menurut HM Saman, bagi jemaah haji dengan kondisi sakit maka Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menggelar safari wukuf. Data sementara 65 jemaah diangkut dengan bus yang telah didesain khusus memudahkan jemaah dapat berbaring yang disafari wukufkan. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00