• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Diskes Larang Konsumsi Air Sungai di Riau Diduga Tercemar Kabut Asap

12 August
17:46 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau berpotensi mencemari air sungai, maka agar terhindar dari penyakit, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau melarang warga mengkonsumsi air sungai yang diduga tercemar karena kabut asap dan air yang selama ini tidak ditutup.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Diskes Riau, Yohanes, Senin (12/8/2019).

Dia mengatakan pihaknya sudah meminta warga yang bermukim di pinggiran sungai Siak agar tidak lagi menggunakan air tersebut untuk budidaya ikan, pengairan pertanian dan perkebunan.

"Larangan tersebut disampaikan karena pencemaran sungai Siak masuk klasifikasi tercemar karena kabut asap dan sungai lainnya di Riau yang berpotensi tercemar karena kabut asap, sehingga masyarakat diminta untuk tetap tidak mengkonsumsi air tersebut," pintanya.

Yohanes mengingatkan bila tetap konsumsi maka dampaknya tidak terasa instan, tetapi akan terasa 10-20 tahun kemudian.

Dia juga menyarankan agar masyarakat lebih jeli dalam menggunakan air sungai, jika kondisi air secara fisik tidak memungkinkan digunakan maka sebaiknya masyarakat mencari alternatif lain. Apalagi sejauh ini pihaknya belum mengetahui tahu pasti pencemaran sungai akbiat kabut asap.

"Saran Diskes sebaiknya jangan dikonsumsi jika dikenal secara fisik tidak baik, dengan gunakan air lain, jika tidak ada alternatif lain bisa menggunakan penanganan pengolahan air dengan memberi penjernih atau cara lainnya," urainya.

Air bersih dan tidak tercemar dapat dikenali dari aroma dan juga warnanya, untuk penyakit yang timbul akibat pencemaran air sangat banyak. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00