• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ratusan Kasus Pidana Lingkungan Diajukan ke Pengadilan

12 August
17:41 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Penegakan hukum terhadap kasus pencemaran linkgungan terus dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Selain itu, perusahaan yang tidak patuh dalam mengelola lingkungan juga dijatuhkan sanksi administratif serta sanksi melakukan perbaikan disamping pencabutan izin usaha.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Pengaduan, Pengawasan dan Sanksi Administrasi (P2SA) KLHK RI, Yazid Nurhuda di Pekanbaru, Senin (12/8/2019).

Menurutnya, langkah KLHK membuat Ditjen penegakan hukum merupakan langkah strategis untuk mengatasi kerusakan lingkungan hidup dan kehutanan.

"Jika kerusakan lingkungan terus dibiarkan maka akan menimbulkan bencana ekologis dan perubahan iklim yaitu kalau musim hujan terjadi banjir dan longsor serta musim kemarau kekeringan. Selain itu menimbulkan kerugian negara yang sangat besar," ketusnya.

Dikatakan, terhitung sejak Mei 2015 - Januari 2019, hasil penegakan hukum sudah sangat banyak, pihaknya membawa 567 kasus pidana lingkungan ke pengadilan.

"sebanyak 541 perusahaan yang disanksi data hingga akhir Desember 2018, lalu 18 perusahaan yang digugat ke pengadilan dan 10 yang berkekuatan hukum tetap atau inkracht di Mahkamah Agung," urainya. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00