• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu Serentak 2017

KPID Riau Ingatkan KPU dan Bawaslu Soal Iklan Kampanye Pemilu 2019

11 February
18:29 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau bahwa media elektronik yang menayangkan iklan kampanye Pemilu serentak 2019 harus media yang memiliki izin, jelas dan diakui lembaga yang berwewenang agar KPID mudah melakukan pengawasan.

Hal itu dikatakan oleh Ketua KPID Riau, Falzan Surachman, Senin (11/2/2019), usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Bawaslu dan KPU Riau serta pimpinan LPP TVRI Riau Kepulauan Riau dan LPP RRI Pekanbaru, di kantor KPID Riau.

Dia mengatakan selain media yang jelas, konten yang ditayangkan juga harus sesuai aturan KPU.

"Iklan untuk radio durasi audio iklan yang tayang tidak melebihi 60 detik, sedangkan untuk televisi tidak boleh lebih 40 detik," jelasnya.

Menurutnya, KPID Riau dan KPU serta Bawaslu Riau juga telah sepakat, media elektronik yang menayangkan iklan kampanye juga memiliki jangkauan yang sangat luas, sehingga iklan yang tayang bisa diketahui seluruh masyarakat.

"Kita bersama KPU dan Bawaslu selalu meningkatkan koordinasi masalah iklan kampanye ini," ungkapnya.

Sementara itu komisioner KPU Riau Bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Pengembangan SDM serta Divisi Umum Rumah Tangga dan Organisasi, Sri Rukmini mengakui KPU Riau siap mendukung penayangkan iklan di media massa.

"Kami selalu penyelenggaran siap melakukan pendampingan, karena memang saat masa kampanye di media massa itu hanya 21 hari," urainya.

Disisi lain anggota Bawaslu Riau, Neil Antariksa juga mengakui pihkanya siap melakukan pengawasan terhadap penayangan iklan kampanye di media massa.

"Pada prinsipnya kami siap mengawasi, tetapi yang terpenting adalah adanya keadilan bagi semua peserta Pemilu," katanya.

Rapat koordinasi yang digelar dengan KPU dan Bawaslu Riau terkait penayangan iklan kampanye di media massa. Rapat koordinasi untuk menyamakan persepsi tentang penayangan iklan kampanye di media massa. 

Sesuai jadwal kampanye Pemilu serentak 2019, penayangan iklan kampanye di media massa dilaksanakan antara 24 Maret sampai dengan 13 April 2109 atau selama 21 hari. 

Rapat dihadiri perwakilan LPP RRI Pekanbaru dan LPP TVRI Riau dan Kepulauan Riau, juga diikuti para anggota KPID Riau lainnya. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00