• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Gaya Hidup

Sri Tanjung, Produk Perawatan Tubuh dan Kecantikan Asli Riau

1 September
11:41 2018
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Tak banyak yang tau, ada produk perawatan tubuh dan kecantikan bagi wanita diracik warga Pekanbaru yang menjadi khas asli Riau. Namanya Sri Tanjung.

Meski di era sekarang banyak ditemukan produk-produk kosmetika pabrikan yang bernaung di bawah merek-merek mentereng global mampu mencuri hati perempuan Indonesia lebih dulu, nama Sri Tanjung sudah dikenal di hampir seluruh salon dan hotel yang menyediakan spa di Pekanbaru bahkan di sejumlah kota besar di Indonesia Lewat Sri Tanjung, pemilik bernama Sri Purwaningsih jeli melihat peluang disekitar karena keprihatinan di salon-salon yang menjual produk perawatan dari Bali dengan harga mahal.

"Apalagi saat itu di Pekanbaru lagi booming produk perawatan dari Bali tapi harganya mahal. Sehingga saya mencoba membuat produk berkualitas tetapi dengan harga yang terjangkau," ungkapnya.

Usaha yang dirintisnya sejak 2007 telah membuat produk nya dikenal masyarakat. Bermodalkan keberanian dan dana Rp 250 ribu rupiah, kini usaha wanita 46 tahun ini mampu meraup omzet Rp 40 juta per bulan.

Bahan-bahan yang digunakan banyak ditemukan di sekitar membuat Sri semakin gencar membuat produk perawatan tubuh yang alami. Seperti beras merah, kacang hijau dan lainnya. Bahkan kemasan produknya, lanjut Sri, juga mudah didapat.

Tidak hanya lulur, Sri Tanjung juga memproduksi berbagai macam produk perawatan kecantikan untuk kaum hawa, seperti masker, minyak zaitun, milk bath dan produk Spa lainnya. Produk-produk tersebut dijualnya dari kisaran harga Rp 19 ribu hingga Rp 84 ribu.

Seluruh produk kreasinya benar-benar diolah dari bahan alam yang notabene merupakan hasil kebun para petani lokal.

Sri tidak hanya berusaha melestarikan warisan tradisional khususnya, tetapi juga mampu memberdayakan masyarakat lokal sekitarnya. Kurang lebih 7 orang yang sebagiannya merupakan warga di sekitar rumahnya mendapatkan lapangan pekerjaan dari bisnis Sri Tanjung tersebut. "Produk Sri Tanjung sudah dikirim ke sejumlah kota di Jawa, Lombok, Kalimantan dan Balikpapan. Pemasaran dengan social media dianggap ampuh menyasar pembeli. Selain itu mulai Agustus ini, sudah pakai distributor untuk pemasaran Riau. Alhamdulillah sudah sesuai yang ditargetkan," tambahnya.

Bukan hanya itu saja, produk Sri Tanjung pada Rabu (29/8/2018) lalu dipuji Kepala Badan Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) RI, Dr. Ir. Penny K. Lukito. Menurut Penny, UKM Sri Tanjung yang dikunjungi ini menjadi satu-satunya UKM di Riau dengan produk kosmetik yang mendapatkan izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"Sri Tanjung ini jugakan sudah melalui tahap-tahap, tadi produknya sudah kita lihat sama-sama. Produksnya sangat baik, berkualitas dan saya yakin kebutuhanya banyak di market," jelas Penny.

Mendapatkan pujian dari Kepala BBPOM RI, wanita dua orang anak ini berharap produk perawatan tubuh dan kecantikan miliknya semakin berkembang dan mampu ekspansi hingga ke luar negeri.

"Kita juga harus terus berinovasi. Harus tahu apa yang diinginkan oleh pasar. Juga harus menjaga kualitas dan konsistensi produk yang dibuat," harapnya.

  • Tentang Penulis

    Santi Yunas

    Reporter <br />

  • Tentang Editor

    Santi Yunas

    Reporter <br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00