• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Petahana Yakin Diusung PDIP pada Pilgub Kalteng

25 February
21:23 2020

KBRN, Palangka Raya: Masa pendaftaran pasangan calon Pilkada serentak 2020 masih empat bulan lagi, 16-18 Juni 2020. Namun, bakal calon yang akan maju diprediksi mengerucut pada beberapa nama.

Setelah Abdul Razak yang semula siap maju kemudian menyatakan tidak ngotot pada Pilkada serentak tahun ini, Partai Golkar dikabarkan akan mengusung calon petahana.

Sementara itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang memiliki 12 kursi di DPRD belum mengumumkan siapa kader yang akan diusung pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng periode 2021-2026. Meski santer kabar bahwa PDIP akan mengusung mantan Walikota Palangka Raya, Riban Satya untuk menjadi calon gubernur.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, optimis Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, akan memilihnya menjadi calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada serentak mendatang.

“Gimana tidak optimis, kader. Kader PDIP, antara saya dengan pak Riban dan yang lain sama-sama kader, tinggal ibu (Megawati) yang memilih. Tapi optimis ke kita larinya,” ujarnya pada Selasa (26/2/2020).

Petahana yang merupakan kader partai PDIP tersebut juga menegaskan bahwa ia bersama Wakilnya Habib Ismail Bin Yahya sudah siap untuk bertarung.  PDIP yang memiliki 12 kursi ditambah PKB dengan 4 kursi dinilai lebih dari cukup untuk syarat maju pada Pilgub Kalteng September mendatang.

Selain Riban Satya dan Petahana, nama Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat juga muncul dalam bursa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng. Nama lain yang disebut-sebut sebagai bakal calon gubernur yakni Bupati Barito Utara, Nadalsyah, yang merupakan kader Partai Demokrat dengan 6 kursi di DPRD.

Seperti disampaikan KPU, bakal calon kepala daerah yang akan maju pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun ini harus mengantongi rekomendasi partai politik sebanyak sembilan kursi.

00:00:00 / 00:00:00