• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Waspadai Anjing Rabies, Warga Harus Pro Aktif Memvaksin Anjingnya

19 February
19:07 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Untuk mengantisipasi menyebarnya wabah rabies, masyarakat diminta rutin melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan seperti anjing dan kucing .

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Tanaman Pangan , Hortikultura dan Peternakan Kalimantan Tengah Paturrahman mengatakan, penyebaran rabies bisa ditularkan melalui anjing, kucing dan Kera. Dan di Kalteng sendiri, terkenal dengan endemis anjing yang rawan menularkan virus rabies melalui gigitannya.

“Kita terus dorong masyarakat, agar mau menyerahkan anjing piaran di vaksin, karena bila tidak akan menular kepada yang lain,” kata Patur kepada RRI Rabu (19/2/20)

Patur menambahkan, upaya yang dilakukan petugas untuk membasmi rabies, hingga saat ini masih melakukan vakisinasi di sejumlah daerah, terutama di kota palangkaraya, tak henti hentinya petugas meminta warga untuk kooperatif menyerahkan anjingnya agar mau divaksin, atau dengan  keinginan sendiri mendatangi pelayanan vaksin terdekat, sebelum terjadi korban jiwa, seperti yang pernah terjadi di kalteng, puluhan meninggal dunia akibat gigitan anjing.  

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

00:00:00 / 00:00:00