• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemprov Kalteng Perkuat Perangkat Desa untuk Maksimalkan Dana Desa

27 January
20:16 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta perangkat desa di Kalimantan Tengah akan mendapat pendampingan untuk membangun desa. Dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat bagi pembangunan di desa diharapkan dapat mengubah kondisi desa menjadi lebih maju. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Tengah, Rojikinnor, mengatakan total pagu Dana Desa tahun 2020 Provinsi Kalimantan Tengah sebesar 1,4 triliun rupiah lebih. Jumlah desa dari 13 kabupaten se-Kalteng yang menerima dana desa sebanyak 1.433 desa. 

Setiap desa akan merancang sendiri pembangunan sarana publik yang diperlukan. Menurut Rojikinnor, selain menyediakan infrastruktur untuk mengatasi keterisolasian serta masalah sanitasi, desa juga perlu memprioritaskan pengembangan kawasan ekonomi desa. 

“Kaitan dengan itu melalui APBD Provinsi akan ada pendampingan-pendampingan baik itu berupa penguatan kapasitas kelembagaan kemudian transformasi knowledge dan soft skill kepada BUMDes di sana dan BUMDes itu sekarang menjadi andalan beberapa desa itu untuk mulai berkembang,” ujarnya kepada RRI pada Senin (27/1/2020). Pendamping-pendamping desa nantinya terus bersinergi membantu perangkat desa dalam melakukan perencanaan pembangunan desa. 

Rojikinnor menambahkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan memanggil semua kepala desa yang mendapat dana desa untuk memberi pemahaman dan penguatan tentang membangun desa. Dikatakan, bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pertumbuhan ekonomi harus menjadi perhatian dalam pembangunan desa. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00