• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Masyarakat Kalteng Diminta Tidak Panik Hadapi Masalah Penyebaran Virus Corona

27 January
20:14 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Provinsi Kalimantan Tengah tidak mempunyai bandara Internasional. Karena itu menurut Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya, kemungkinan penularan virus corona di Kalteng sangatlah kecil. 

“Kita dari Pemprov sampai sekarang belum ada tindakan dan belum menyatakan isu itu. Masih aman terkendali dan jangan resah,” ujar Wagub Kalteng ditemui usai Rapat Paripurna DPRD Kalteng pada Senin (27/1/2020). 

Wagub Habib Ismail lebih lanjut mengatakan koordinasi dengan Dinas Kesehatan telah dilakukan untuk pencegahan masuknya virus corona ke Kalimantan Tengah. 

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Samsul, mengatakan masyarakat tidak perlu panik sebab Dinas Kesehatan bersama Rumah Sakit se-Kalteng serta Kantor Kesehatan Pelabuhan terus bekerja untuk mencegah virus corona masuk ke Kalteng.

“Meskipun di bandara itu peluangnya kecil karena kita bukan bandara internasional, artinya kalau sudah sampai ke sini kan sudah tersaring di Jakarta, tapi KKP sudah siapkan thermal scanner, sedangkan penanganan pasien dipusatkan di RSUD Doris. Samopit dan Pangkalanbun hanya ruang isolasi sementara,” tuturnya. 

Meski masyarakat diminta tidak panik, namun Kepala Dinkes Kalteng ini menghimbau untuk tetap waspada. Masyarakat dapat menerapkan beberapa hal untuk mengatasi penyebaran virus diantaranya rajin mencuci tangan, menggunakan masker bagi yang sedang menderita flu dan pilek serta tidak mengonsumsi makanan sejenis kelelawar atau kalong.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00