• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pasien DBD di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya Meningkat

21 January
17:55 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) melonjak drastis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus Palangka Raya. Pasien DBD yang dirawat inap dari tanggal 1-20 Januari berjumlah 34 orang sementara pasien DBD rawat jalan berjumlah 8 orang. Angka ini meningkat jika dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Selama Desember 2019 pasien DBD yang dirawat inap di RSUD Doris Sylvanus hanya ada 2 orang dan pasien rawat jalan 4 orang. Sebelumnya, pada November 2019 pasien DBD di RSUD Doris juga cukup banyak namun tidak seperti pada bulan Januari 2020. 

Direktur Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, Yayuk Indriati, mengatakan peningkatan kasus DBD telah diantisipasi pihak rumah sakit dengan menyediakan fasilitas dan tenaga medis yang memadai.

“Teman-teman dokter di IGD menyampaikan laporan bahwa terjadi peningkatan kasus dari biasanya. Sehingga memang kita dari RS bersiap-siap untuk antisipasi. Terutama mengenai kebutuhan tempat tidur,” ujarnya pada Selasa (21/01/2020). Selama musim penghujan, masyarakat dihimbau untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat serta menerapkan 3 M plus di lingkungan rumah masing-masing. 

Yayuk menambahkan selain penyakit DBD, RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya juga banyak menangani pasien penyakit katastropik seperti diabetes, hipertensi, gagal ginjal dan lain-lain. Pasien rujukan penyakit kronis ke RSUD Doris Sylvanus menurut Yayuk selalu tinggi dan memerlukan pengobatan berulang. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00