• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Gubernur Kalteng Minta Pencegahan Karhutla Segera Dilakukan

17 January
18:33 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Upaya dini pencegahan kebakaran hutan dan lahan sebelum datangnya musim kemarau perlu dilakukan. Hal itulah yang diharapkan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, untuk dilakukan seluruh kabupaten/kota se-Kalteng khususnya daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan. 

Menurutnya, pencegahan dengan cara sosialisasi kepada masyarakat luas harus melibatkan banyak pihak.

“Rencana kita tidak lagi nanti apel ketika kebakaran hotspot sudah banyak titik kita baru apel. Harapan saya tiga bulan sebelum masuk kemarau panjang kita sudah mulai pencegahan. Dengan sosialisasi melibatkan Kades, tokoh adat, damang, mantir, Masyarakat Peduli Api, Tagana, TNI/Polri, Babinsa, ada Kapolsek,” ujarnya pada Kamis (16/01/2020).

Selain itu, Gubernur Sugianto Sabran juga meminta agar kabupaten/kota yang rawan kebakaran hutan dan lahan seperti Kota Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau untuk menyiapkan dana tidak terduga maksimal 5 milyar rupiah.

Sementara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan dana tidak terduga sebesar 20 milyar rupiah. Pemprov Kalteng juga nantinya akan membantu kabupaten/kota dengan dana yang tersedia.

Ditambahkan Gubernur Sugianto Sabran, dana bagi hasil DAK dan DR yang dihasilkan lima puluh persennya telah digunakan untuk membeli alat pemadam kebakaran dan penyiapan Sumber Daya Manusia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00