• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ujian Nasional Bukan Tolak Ukur Kemampuan Peserta Didik

17 January
16:55 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Ujian nasional tidak bisa dijadikan patokan keberhasilan di sektor pendidikan. Karena setiap daerah memiliki kualitas sdm berbeda beda, apalagi wacana penghapusan ujian nasional terus bergulir. 
Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya Esra membenarkan, ujian nasional kemungkinan besar ditiadakan, dan penilaian kembali diserahkan kepada pihak sekolah, namun wacana dihapusnya UN, otomatis mempengaruhi akreditasi sekolah, karena prestasi murid jadi salah syarat akreditasi, dan inilah yang perlu dicarikan solusi.
"Pada intinya kami tidak berada pada posisi setuju dan tidak, terutama terhadap penghapusan ujian nasional, meskipun begitu Dinas Pendidikan terus fokus terhadap peningkatan SDM peserta didik, dengan berbagai terobosan di masing masing sekolah," kata Esra Kepada RRI Jum'at (17/1/20)
Ia menambahkan, peningkatan kemampuan peserta didik juga bergantung dari tenaga pendidik di sekolah, selama guru memiliki kemampuan dan strategi mengelola kelas dengan baik, maka ilmu yang disampaikan dapat diserap dengan mudah oleh murid, dan guru di era milenial seharusnya tidak hanya terpaku dengan buku paket namun bagaimana menekankan pentingnya pendidikan katakter kepada setiap murid.

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00