• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dilema Perparkiran di Depan RSUD Doris Sylvanus

14 January
18:23 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Meningkatnya kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus Palangka Raya justru menimbulkan masalah. Kapasitas parkir rumah sakit rujukan di tingkat provinsi tersebut tidak mampu menampung semua kendaraan pengunjung, pasien dan karyawan. 

Akibatnya, jalan Tambun Bungai di depan RSUD Doris Sylvanus dijadikan tempat parkir. Padahal lokasi tersebut merupakan area dilarang parkir. 

Direktur Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, Yayuk Indriati, mengatakan kapasitas parkir di Doris hanya mampu menampung 150 unit mobil. Sementara jumlah pengguna roda empat semakin banyak. Menurutnya, pada pagi hari ada sekitar 1.200an orang berada di RSUD Doris Sylvanus mulai dari pasien, keluarga pasien, pengunjung, karyawan rumah sakit dan mahasiswa kedokteran maupun kebidanan serta keperawatan. 

Direktur Utama RSUD Doris Sylvanus ini mengatakan beberapa upaya jangka pendek dan jangka panjang dilakukan untuk mengurai masalah parkir di Doris Sylvanus. 

“Kapasitas parkir yang memang kurang, edaran sudah sejak tahun 2016 bahwa mahasiswa yang melakukan pendidikan proses pendidikan dan pelatihan di Doris memang tidak boleh bawa kendaraan, mereka drop off saja. Itu mengurangi kapasitas parkir. Kemudian karyawan RS yang memiliki roda empat memang diarahkan berbeda dengan pasien, kami putar arahnya ke gedung rehab medik untuk mengurai sehingga yang di depan RS yang dulunya parkir motor sekarang kami berikan itu untuk parkir mobil untuk mengatasi masalah tersebut,” ujarnya pada Selasa (14/1/2020). 

Selain itu menurut Yayuk tahun ini RSUD Doris Sylvanus juga menggandeng konsultan untuk melakukan analisis dampak lalu lintas (Andalin). Diharapkan hasil Andalin berupa dokumen perencanaan pengaturan lalu lintas nantinya dapat mengurai permasalahan parkir di RSUD Doris Sylvanus. 

Sementara itu, Dirut RSUD Doris Sylvanus tersebut juga mendukung upaya penindakan oleh Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya terhadap kendaraan yang masih parkir di badan jalan depan rumah sakit. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan, meminta dukungan semua pihak untuk mengawal daerah terlarang parkir di Jalan Tambun Bungai khususnya di depan RSUD Doris Sylvanus. Menurutnya, tindakan memarkir di pinggir jalan depan RSUD Doris Sylvanus melanggar UU tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Peraturan Daerah Kota Palangka  Raya tentang Retribusi Daerah. 

“Kalau mobil ambulans datang keluar masuk memakan waktu untuk masuk ke RSUD Doris Sylvanus. Sepanjang tahun 2019 sosialisasi sudah dilakukan termasuk tim gabungan antara Polres dengan Dishub sendiri sosialisasikan hal itu,” tuturnya. 

Jajaran Dishub Kota Palangka Raya melakukan tindakan menggembosi ban kendaraan yang masih tetap parkir di jalan depan RSUD Doris. Selanjutnya menurut Alman, pihaknya akan membuat nota kesepahaman  dengan Satlantas Polresta Palangka Raya untuk menilang kendaraan yang parkir di lokasi tersebut. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00