• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pulihkan Mantan PSK, Perlu Pembinaan Mental, Moral dan Spiritual

13 January
18:46 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Membina mantan wanita penjaja seks memerlukan upaya berkelanjutan dan terpadu . Pembinaan ini juga menyangkut pengembangan potensi mantan PSK juga pembinaan moral spiritual kepada mereka.

Kepada RRI, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kalimantan Tengah , Non Sihai, Senin (13/01/2020) pasca penutupan lokalisasi di Kalteng. Ia mengungkap merubah mental dan cara berfikir wanita mantan PSK memang tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya selama bertahun tahun mereka telah terbiasa dengan cara instan yakni memperoleh uang dengan cara mudah tanpa bekerja keras. Ini perlu pembinaan yang berkelanjutan dimana mentalitas instan harus dirubah menjadi mentalitas yang berdaya dengan membiasakan berusaha tekun dan ulet memperoleh sesuatu. Selain itu juga persoalan moralitas dan spiritualitas dimana mereka perlu sentuhan keagamaan agar menjauhi hal yang dilarang agama.

“Dinas Sosial dalam ini terus bekerja sama dengan tokoh dan pemuka agama untuk menguatkan iman dan moral para mantan PSK untuk hidup lebih baik”, jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Dinas Sosial Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Dinas sosial di Kabupaten Kota dan Provinsi daerah lain menutup lokalisasi dan memulangkan PSK ke daerah asalnya. Upaya ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjauhkan perdagangan wanita, ekploitasi seks dan perbudakan perempuan dengan memutus mata rntai prostitusi di Kalteng. Namun upaya penutupan ini harus ditindaklanjuti dengan upaya pemantauan dan pembinaan kepada wanita eks penjaja seks untuk bisa menjalani kehidupan sesuai norma masyarakat. (NATA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00