• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kalteng Segera Bentuk Satgas Pencegahan Karhutla

13 January
16:34 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Daerah se- Kalimantan Tengah akan membentuk Satuan Tugas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan pada bulan ini.

Demikian dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah, Darliansyah, kepada RRI ketika ditemui di ruang kerjanya. 

Darliansyah mengatakan Satgas tidak lagi baru dibentuk ketika ada asap akibat kebakaran hutan dan lahan. “Walaupun musim hujan kita sudah melakukan ini kan namanya Satgas Pencegahan itu sudah sosialisasi, kita sudah ada posko, kita sudah gerak, baik TNI/Polri, BPBD, pemerintah daerah,” ujarnya pada Senin (13/1/2020). 

Menurutnya dalam bulan ini pemerintah daerah se-Kalteng sudah bergerak untuk memastikan masyarakat diberikan pemahaman tidak boleh membakar hutan. Masyarakat juga diajak bersinergi untuk mengamankan lahan miliknya agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Plt. Kalaksa BPBPK Kalteng ini mengingatkan bahwa seluruh bupati/walikota se-Kalteng telah menandatangani komitmen bersama Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Penanganan Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan pada November tahun lalu.

Pemprov Kalteng juga berencana melaksanakan video conference pada 16 Januari mendatang untuk menegaskan pembentukan Satgas Pencegahan Karhutla di Kalteng.

Dalam video conference tersebut BPBPK Kalteng sekaligus akan memberikan arahan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir, puting beliung dan tanah longsor. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00