• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemprov Kalteng Siapkan Asuransi Bagi Sepuluh Ribu Nelayan

13 January
16:22 2020
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan asuransi bagi 10 ribu nelayan pada tahun ini. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, Darliansyah, mengatakan total nelayan se-Kalteng berjumlah 12 ribu orang lebih. Menurutnya, sisa dua ribuan nelayan yang belum tercover asuransi tahun ini akan dijamin pada tahun 2021. 

“Sistem jaminan kita per tahun. Harapan dengan difasilitasi mereka sadar pentingnya asuransi, yang sudah kita fasilitasi itu dia nanti akan mandiri. Harapan kita ke sana. Kan keberhasilan pemerintah itu kan ketika mengurangi intervensi pemerintah. Kalau kita masuk itu kan belum berhasil,” ujarnya pada Senin (13/1/2020). 

Darliansyah mengatakan program yang diberi nama Asuransi Nelayan Berkah tersebut akan melalui tahapan lelang terlebih dahulu. Dikatakan, dalam program tersebut nelayan yang dijamin dalam asuransi akan diberi kartu ATM. Nelayan peserta asuransi maupun keluarga dapat menggunakan kartu ATM tersebut untuk mengklaim jaminan asuransi kesehatan, kecelakaan kerja ataupun meninggal dunia. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng ini mengharapkan proses penyiapan Kartu Asuransi Nelayan Berkah dapat selesai pada April mendatang. Pada bulan ini, pihak DKP Kalteng baru mulai penandatanganan kontrak dengan Bank Kalteng.

Menurutnya, beberapa tahun sebelumnya sebagian nelayan Kalteng pernah mendapat bantuan asuransi dari pemerintah pusat. Namun jaminan asuransi tersebut sudah tidak ada lagi karena hanya berlaku satu tahun. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00