• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

DPRD Kalteng : Pantai Ujung Pandaran Perlu Disangga Hutan Bakau

19 November
16:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Pantai Ujung Pandaran yang kini tengah berkembang menjadi objek wisata unggulan Kabupaten Kotawaringin Timur dinilai memerlukan penyangga berupa hutan mangrove atau hutan bakau. Pasalnya pantai Ujung Pandaran yang gersang dan tandus ini, rentan mengalami abrasi atau pergerusan. Selain juga hutan mangrove atau bakau ini dirancang untuk menambah daya tarik dan pesona Pantai Ujung Pandaran agar semakin diminati wisatawan.

Hal ini disampaikan, Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing kepada sejumlah wartawan, Selasa (19/11/2019) soal pengembangan potensi wisata Ujung Pandaran. Duwel menyebut, Pantai Ujung Pandaran merupakan objek wisata yang hampir sepenuhnya siap. Dimana rancangan, biaya dan prasarana pendukung objek wisata di pantai ini telah tersedia. Hanya saja ketika musim angin, gelombang datang lebih keras dan merusak serta menggerus kawasan pinggir pantai. Untuk mengatasi ini, Duwel menyebut, pengelola bisa memanfaatkan hiutan bakau atau mangrove yang letaknya tak jauh dari pantai Ujung Pandaran. Hutan bakau ini sebelumnya harus disangga dengan tiang pancang yang kuat, agar tidak mudah goyang diterpa ombak atau gelombang besar.

“Hutan ini juga harus diberi jalan titian agar bisa dilewati oleh wisatawan. Selain sebagai penyangga dan pelindung pantai dari abrasi, hutan bakau ini akan menambah pesona dan keindahan pantai yang pastinya akan menyedot minat wisatawan lebih banyak”, terangnya. (NATA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00