• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

DPRD : Telusuri Lagi Jejak Para Pejuang Kalteng

12 November
18:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Sebagai bentuk dan upaya menghargai pejuang Kalimantan Tengah, Pemerintah Provinsi  diminta menelusuri kembali peristiwa dan pelaku sejarah dalam pergerakan dan perjuangan kemerdekaan RI. Terkhusus peristiwa bersejarah yang melibatkan tokoh Kalteng waktu itu seperti halnya kisah penerjunan pertama di Kalteng yakni di Seruyan.

Hal ini disampaikan salah satu anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalteng, Sudarsono, Selasa (12/11/2019)  kepada sejumlah wartawan. Ia meminta ada upaya untuk menelusuri dan napak tilas peristiwa bersejarah yang dulu melibatkan banyak pejuang. Sudarsono memandang perlu adanya penelurusan benang merah perjuangan kemerdekaan RI di Klateng, Ia meyakini masih banyak tokoh pejuang yang tidak terlacak dan terdeteksi dan namanya tidak tertulis dalam lembaran buku sejarah. Walaupun tokoh tersebut sudah tiada, namun masih ada ahli waris yang bisa ditelusuri dan ditemukan. Sudarsono mencontohkan, ada sejumlah peristiwa bersejarah di Kalteng seperti penerjunan dini hari di Sambi Seruyan yang  merupakan penerjunan pertama di Kalteng sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan RI. Ini perlu ditelusuri dan diteliti kembali jika perlu dibuat monument khusus untuk mengenang peristiwa tersebut.

“Upaya ini adalah bagian dari menghargai dan mengenang sekaligus mengetahui bahwa ada tonggak sejarah yang terjadi di Kalteng masa itu”, jelasnya.

Lebih jauh Sudarsono yang juga mantan bupati Seruyan ini menyebut perlu adanya klasifikasi agar para pejuang yang masih hidup untuk diberikan penghargaan. Seperti halnya  bantuan hidup berkala atau pemberian rumah tinggal layak bagi mereka. Sepanjang tidak menyalahi aturan dan wajar tentu ini merupakan wujud penghormatan bagi jasa dan pengabdian para pahlawan. (NATA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00