• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Museum Balanga Gelar Ritual 'Maparasih Ramu'

11 November
17:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Guna membersihkan barang pusaka dan benda koleksi bersejarah, UPT Museum Balanga Kalimantan Tengah menggelar ritual Maparasih Ramu. Ritual adat ini melibatkan lima basir hindu Kaharingan untuk ikut mendoakan dan memfasilitasi agar benda benda kuno di Museum ini aman dari gangguan dan anasir yang buruk. Selain juga ritual ini dimanfaatkan sebagai ajang sarana seni budaya agar budaya Dayak tidak tergerus arus modernisasi.

Kepada RRI, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Taladjan, Senin (11/11/2019)  mengatakan ritual Maparasih Ramu ini digelar untuk membersihkan barang kuno dan benda pusaka di musem Balanga secara supranatural. Musem Balanga yang kini memiliki hampir 5000 perkakas dan barang budaya kuno warisan purbakala Dayak ini banyak memiliki kekuatan magis dan supranatural yang secara berkala perlu dibersihkan dan dirawat. Barang itu diantaranya adalah Mandau, guci, tombak, alat berburu, alat pertanian dan perikanan yang dipercaya memiliki daya dan kekuatan supranatrual tersendiri.

“Agar barang ini terhindar dari gangguan dan anasir yang buruk serta memberi rasa aman dan tenang dalam mempergunakannya , perlu dilakukan ritual Maparasih Ramu “, jelasnya.

 Selain juga sebagai sarana tolak bala dan mendatangkan keselamatan dan keberkahan bagi Museum Balanga.

Lebih jauh Kadisbudpar Guntur Talajan juga berharap , nantinya pengunjung museum terutama dari kalangan milenial semakin meningkat dari waktu ke waktu. Ia  mengingatkan jumlah kunjungan ke museum Balanga melalui retribusi  juga ikut berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah atau PAD.  Diharapkan ke depan, minat dan kunjungan dari kalangan milenial terus meningkat. (NATA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00