• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Inilah Alasan Desa Sigi Dipilih Jadi Lokasi Tiwah Masal 2019

8 November
21:32 2019
0 Votes (0)

Nuansa berbeda ditemukan  ritual Tiwah Masal tahun 2019. Jika biasanya ritual dan prosesi sakral umat Hindu Kaharingan ini digelar di Palangka Raya, tahun 2019 ini kegiatan digelar di Desa Sigi Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulaang Pisau.

Ada sejumlah alasan dan pertimbangan ritual keramat yang sudah berusia ratusan tahun ini digelar di Desa kecil di Pulang Pisau. Salah satu diantaranya adalah Desa Sigi memiliki latar belakang sejarah tersendiri dimana di desa ini menjadi cikal bakal Pakat Dayak Rapat . Selain juga berada di poros tiga wilayah yakni Bukit Rawi, Bukit Bumba dan Tangkahen.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata , Kadisbudpar Kalteng,  Guntur Taladjan kepada sejumlah wartawan, Jumat (08/11/2019) . Disebut Guntur, ada sejumlah alasan kepana Desa sigi dipilih menjadi lokasi Tiwah Masal 2019 yang fenomenal tersebut. Diantaranya akses yang tidak jauh dari Kota Palangka Raya, kemudian juga karena ada salah satu tokoh Kaharingan yang ditiwahkan di Desa tersebut. Dalam ritual memanung, para leluhur telah menyetujui ritual ini dilakukan di desa Sigi. Alasan yang menjadi pertimbangan lainnya adlah karena Desa Sigi memiliki latar belakang tersendiri dimana di desa ini menjadi cikal bakal Pakat Dayak.

“Selain itu tempat ini dipilih karena  berada di poros tiga wilayah yakni Bukit Rawi, Bukit Bumba dan Tangkahen. Sehingga wilayah ini cocok dijadikan paket budaya yang bisa disinggahi wisatawan dan tamu keluarga”, jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00