• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tiwah Masal 2019 Diharapkan Sedot Kunjungan Wisatawan

8 November
21:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Acara Tiwah Masal yang digelar di Desa Sigi Kahayan Tengah mulai dari November hingga pertengahan Desember ini diharapkan mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan Dayak serta mengenalkan perdaban agama Hindu Kaharingan kepada masyarakat luas. Selain itu acara Tiwah masal ini juga diharapkan mampu menjadi event budaya dan kepariwisataan Kalteng yang mampu menarik kunjungan wisatawan.

Hal ini disampaikan Gubernur Kalteng yang dibacakan StafAhli GubernurBidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko saat membuka ritual Tiwah Masal 2019 di Desa Sigi Kahayan Tengah, Jumat (08/11/2019) . Selain Tiwah masal, diharapkan Kalteng memperbanyak event baik budaya dan pariwisata sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan datang ke provinsi kalteng dalam rangka mencapai target kunjungan wisawatan provinsi kalteng sesuai RPJMD kalteng 2016 -2021. Selain dalam rangka mendukung pencapaian target kunjungan wisata nasional tahun 2019, sebanyak 20 juta wisawtawan mancanegra dan 275 juta pergerakan waisatawan nusantara.

“Acara Tiwah masal ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng bersama Majelis Agama Hindu Kaharingan”, jelasnya.

Dalam Tiwah masal ini , sebanyak 13 keluarga iktu serta dalam prosesi dan ritual yang sakral ini.

Pembukaan Acara TIwah masal, selain dihadiri Staf Ahli Gubenur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan juga dihadiri, Wakil Bupati Pulang Pisau , Pudji Rustaty Narang, Ketua Majelis Agama Hindu Kaharingan Kalteng, Walter S Penyang, perwakilan Polda Kalimantan Tengah dan sejumlah tokoh adat dan budaya Dayak Kalimantan Tengah. Acara Pembukaan Rangkaian Tiwah Masal ini juga dibuka dengan prosesi tarian mengelili pusat ritual dan prosesi di lapangan acara. (NATA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00