• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Perusahaan Sawit Harus Miliki Asas Keadilan Dalam Penerapan Plasma

7 November
13:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Masyarakat yang memiliki lahan luas diminta melakukan kerjasama di bidang perkebunan kelapa sawit, salah satunya ikut program plasma atau bagi hasil keuntungan.

Hal demikian disuarakan Anggota DPRD Kalteng Mariana Sabran kepada RRI. Menurutnya kerjasama antara perusahaan dan masyarakat pemilik lahan harus terus didorong oleh pemerintah sebagai pembuat regulasi dan kebijakan. Pemerintah sebaiknya menjadi fasilitator terjalinnya sinergitas antara masyarakat dan perusahaan, hingga masa penen dan bagi hasil. Ini dilakukan untuk mewujudkan asas keadilan dan transparansi bagi masyarakat lokal.

“Tentu kita tidak dapat mencegah masuknya investor yang begerak di bidang perkebunan ke Kalteng ini, tapi dari pihak perusahaan juga harus memikirkan kesejahteraan bagi masyarakat lokal, salah satunya ya tadi saya katakan, mengajak kerjasama dalam bentuk plasma bagi hasil usaha perkebunan kelapa sawit,” kata Mariana kepada RRI Kamis (7/11/2019)

Ia menegaskan, ketimpangan kesejahteraan sosial di area perkebunan kelapa sawit akan terus diawasi seluruh wakil rakyat sesuai dengan wewenang yang diatur di dalam undang undang,  dan disesuaikan dengan mitra kerja selama ini, karena sejatinya setiap perusahaan besar swasta di kalteng tentu punya tanggung jawab sosial memperhatikan hingga memberdayakan masyarakat lokal.

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00