• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Palangkaraya Kembali Diselimuti Kabut Asap Tipis

6 November
14:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Meskipun dalam beberapa hari kota Palangkaraya diguyur hujan, namun tidak serta merta mematikan bara api di lahan gambut, dampaknya kabut asap tipis masih menyelimuti kota Palangkaraya terutama di pagi hari.

Saat di Konfirmasi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palangkaraya Emy Abryani membenarkan, petugas gabungan dari BPBD dan Manggala Agni, masih melakukan patroli pemadaman di lahan gambut. Sejumlah titik api masih terpantau diantaranya di Kelurahan Sabaru, Kereng Bangkirai dan Kalampangan. Tiga kelurahan tersebut masuk dalam jangkauan Kecamatan Sebangau.

“Api yang kembali muncul merupakan bekas kebakaran sebelumnya, karena karakteristik lahan gambut sulit dipadamkan, apalagi dengan terik panas saat ini, makanya api kembali muncul,” kata Emi Kepada RRI Rabu (6/11/2019)

Emy menambahkan, untuk mencegah karhutla semakin meluas, seluruh masyarakat diminta kesadaran untuk stop melakukan pembakaran dengan sengaja, karena kecil kemungkinan kebakaran dikarenakan alam dan cuaca panas, yang ada justru akibat ulah buruk manusia. Bahkan fakta di lapangan, sebagian besar lahan yang terbakar ada pemiliknya, sehingga diimbau pemilik lahan lainnya, bisa menjaga lahan dengan baik dari potensi kebakaran, sebab kalau tidak akan di police line aparat keamanan dan instansi terkait, selanjutnya dilakukan penindakan akibat melakukan pembiaran lahan yang terbakar.

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00