• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Waspadai Dampak Kabut Asap Jangka Pendek Maupun Panjang

16 October
16:29 2019
0 Votes (0)

KBRN,Palangka Raya : Kewaspadaan masyarakat akibat dampak pendek maupun panjang dari kabut asap perlu selalu di perhatikan warga Kota Cantik Palangka Raya, mengingat hingga kini meskipun  telah memasuki musim hujan namun asap dampak karhutla masih terus terasa khususnya saat malam dan pagi hari.

Wakil Direktur RSUD Doris Sylvanus, dr. Theodorus Sapta Atmadja kepada RRI Rabu,(161019) mengatakan ada dampak jangka pendek dan panjang bila kita sering terpapar asap jangka pendek akan terkena ISPA dan jangka panjang justru lebih parah bisa menjadi kanker paru-paru.”Dampak kabut asap karhutla untuk jangka pendek  ISPA masih bisa diobati namun untuk jangka panjang hingga kanker paru baru dapat terdeteksi 5 hingga 15 tahun kemudian.”Jelas dr. Theodorus Sapta Atmadja

  Untuk itu warga Kota Palangka Raya dan masyarakat Kalimantan Tengah yang masih merasakan dampak karhutla berupa bau asap pembakaran hutan dan lahan diharapkan Theo  selalu menggunakan masker untuk menjaga keamanan dari penyakit yang ditimbulkan mengingat asap pembakaran hutan dan lahan di Kalteng  dapat memicu berbagai macam penyakit  diantaranya infeksi saluran pernapasan akut- ISPA hingga kanker paru-paru yang mematikan.(Bella)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00