• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Implementasi Pendidikan Kependudukan Melalui Sekolah Siaga Kependudukan

14 October
21:41 2019
1 Votes (5)

KBRN, Palangka Raya : Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah canangkan 2 (dua) Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di SMP Negeri 3 Sampit dan MAN Kotawaringin Timur. SSK Bersinar SMPN 3 Sampit dan SSK Al-Kautsar MAN Kotim diresmikan oleh Kabid ADPIN, Dison, SH yang mewakili Plt. Kepala Perwakilan. Senin, (14/10/19)

Dalam sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng yang disampaikan oleh Kabid ADPIN, Dison,SH menyebutkan bahwa pada era ini harus disiapkan generasi yang berkualitas dari aspek pendidikan dan kesehatan merupakan modal utama dalam membekali generasi muda untuk siap bersaing pada era globalisasi ini. Salah satu aspek pendidikan adalah pendidikan kependudukan dan kesehatan reproduksi.

"Melalui Sekolah Siaga Kependudukan ini, mari kita samakan langkah untuk mulai mengintegrasikan antara pendidikan kependudukan dan keluarga berencana pada mata pelajaran disekolah dalam upaya membentuk generasi muda yang berkualitas dan berencana,"ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas DP3AP2KB Kotim dalam sambutannya mengharapkan siswa dapat memanfaatkan dengan optimal pojok kependudukan sebagai referensi dalam mengintegrasikan materi pelajaran dengan materi kependudukan.

"Melalui SSK ini diharapkan dapat meningkatkan lagi prestasi dalam lomba terkait program KKBPK, terlebih kesiapan dalam menghadapi bonus demografi dimana generasi muda menjadi generasi yang handal dan berkualitas sehingga mampu berpartisipasi dalam pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat", imbuhnya. 

SSK adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga ke dalam beberapa mata pelajaran atau muatan lokal khusus kependudukan. Di samping itu penerapan pendidikan kependudukan melalui berbagai kegiatan kesiswaan seperti ekstrakurikuler dan lain sebagainya. SSK ini didukung dengan perpustakaan kependudukan atau disebut dengan Pojok Kependudukan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas DP3AP2KB Kotim, Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kotim, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MMKS) Mentaya Hagatang, Kepala Sekolah se-kota Sampit, guru dan siswa-siswi sekolah.

  • Tentang Penulis

    Gordon Tobing

    <p>Reporter RRI Palangkaraya</p><p></p>

  • Tentang Editor

    Gordon Tobing

    <p>Reporter RRI Palangkaraya</p><p></p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00