• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Lampu Penerangan Jalan Di Palangkaraya Masih Minim, Akibat Terkendala Anggaran

14 October
17:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Minimnya keberadaan lampu Penerangan Jalan Umum di permukiman padat penduduk,  dikhawatirkan meningkatnya angka kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas, untuk itu instansi terkait didesak memasang pju di sejumlah ruas jalan.

Hal ini diungkapkan Anggota DPRD Kota Palangkaraya Komisi b Ruselita kepada RRI. Menurutnya pemerintah terutama instansi terkait memiliki pekerjaan rumah menambah penerangan jala dipermukiman dan protokol jalan, hal ini bisa dikordinasikan dengan pln maupun sinergi dengan pemerintah provinsi kalteng, mengingat tanggung jawab membiayai sejumlah pju terbagi dua.

“Ada yang jadi kewenangan kota dan ada pula pemerintah Provinsi, kalau tidak salah, terbanyak beban memang dilimpahkan ke kota, padahal terkendala anggaran,” kata Lita kepada RRI

Ia berharap pemerintah bisa menyerap aspirasi masyarakat lewat musrenbang terkait permintaan penerangan jalan umum, terutama di permukiman padat penduduk, kalaupun terhambat anggaran, pemerintah bisa memfasilitasi dengan masyarakat untuk memasang secara swadaya.

Di tempat terpisah, menyikapi minimnya lampu penerangan jalan umum, Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Imbang Triatmadji membantah hal tersebut, pihaknya mengklaim telah memasang sejumlah pju, berdasarkan usulan pada saat musrenbang. Hanya saja tidak semua usulan direalisasikan, secara bertahap akibat minimnya anggaran.

“Kami akomodir keinginan permukiman warga minta dipasang pju, namun mirisnya tidak dirawat warga, padahal beban pemerintah membayar tagihan ke pln bisa mencapai miliaran rupiah,” ucapnya

Ia menyebut, anggaran yang dikeluarkan pemerintah kota Palangkaraya, dalam membayar tagihan ke PLN perbulan bisa mencapai 1 miliar lebih, mengingat cakupan yang sangat luas ditanggung pemko terhadap sejumlah PJU, oleh karena itu Disperkim minta kerjasama warga untuk mematikan pju di pagi hari. Tahun ini pihaknya menargetkan pemasangan pju di dua titik yakni jalan temanggung tilung, dan jalan ir sukarno dekat kantor pemerintahan.

Sementara itu, Kepolisian Sektor Pahandut mendukung penuh upaya pemerintah kota menambah penerangan jalan jalan protokol dan lingkungan perumahan, menurut Kapolsek Pahandut Kompol Edy Sutaata, adanya pju dapat mencegah terjadinya tindak kriminal, dan mempersempit pencuri melancarkan aksinya.

Selain itu, titik jalan yang perlu diberi penerangan kata kapolsek seperti di jalan wilem as, jalan keminting, dan jalan cilik riwut, sebab daerah tersebut daerah yang padat lalui lintas dan penduduk, tujuannya mengurangi angka kejahatan, dan menekan angka kecelakaan.

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00