• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Rangkaian Ibadah Haji Kalteng Selesai, 8 Meninggal Dunia

18 September
13:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Jemaah haji Kalimantan Tengah sudah menyelesaikan seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji, mulai dari proses pemberangkatan hingga pemulangan di embarkasi dan debarkasi Bandara Syamsudinnor Banjarmasin, semuanya berjalan lancar tanpa kendala, namun Jemaah haji Kalteng yang awalnya berjumlah 1.940 plus 30 orang petugas haji, tidak lagi utuh seperti semula, lantaran ada yang meninggal sebanyak 8 orang, karena gangguan kesehatan dan lanjut usia di Mekkah dan Madinah.

Pengelola Sistem Informasi Dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kanwil Kemenag Kalteng Ismail Marzuki mengatakan, rombongan jamaah haji Kalteng sebanyak 7 kloter, semuanya sudah tiba dan berkumpul dengan keluarga masing masing, sedangkan 8 orang yang meninggal sudah dimakamkan di tempat pemakanan umum Arab Saudi. Dan Beberapa waktu lalu, Kloter 18 yang merupakan kloter terakhir, mendarat di bandara Syamsudin Noor (Banjarmasin)

“Alhamdulillah semua kloter telah tiba dan berkumpul kembali dengan keluarganya masing masing dalam keadaan sehat, kalaupun ada keluhan seperti capek dan batuk batuk itu hal biasa, karena penyesuaian suhu udara antara di Indonesia dan arab Saudi,” kata Ismail Marzuki kepada RRI Rabu (18/9/19)

Kendati seluruh jemaah haji ada yang alami keluhan kesehatan setelah tiba di tanah air, tidaklah signifikan jumlahnya, dan bisa diatasi tim medis. Bahkan secara keseluruhan lanjut Marzuki, pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 berjalan lancar, tidak ditemukan kendala berarti, karena setiap persoalan menyangkut tata cara ibadah haji sampai proses adaptasi cuaca, telah disampaikan kepada semua Jemaah pada saat pembekalan dan manasik haji, sehingga tatkala sebagian besar Jemaah menunaikan rukun islam kelima di Mekkah, tidak ditemukan hambatan dan kendala.

Pihaknya berharap semua Jemaah haji Kalteng mendapat predikat haji mabrur, dengan ditandai dengan perubahan sikap lebih baik dari sebelumnya.


  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00