• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Siapkan Hujan Buatan, Pemprov Kalteng Tunggu Kondisi Awan

17 September
18:40 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tampaknya sedang menyiapkan berbagai cara agar karhutla dan kabut asap semakin berkurang. Termasuk dengan rencana mengadakan hujan buatan di titik rawan karhutla. Hanya saja rencana ini sedang menunggu momentum tepat seperti keadaan awan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah , Fakhrizal Fikri kepada sejumlah wartawan, Selasa (17/09/2019) . Dijelaskan, Pemerintah Provinsi  akan mengusulkan pengadaan hujan buatan . Hanya saja hujan buatan ini harus menunggu sejumlah syarat dan kondisi . Diantaranya bentukan awan, kecepatan angin, dan sebagainya. Selain merencanakan hujan  buatan, Pemerintah Provinsi juga akan mengusulkan penambahan helikopter water boombing atau helikopter pembom air.

Sementara menyikapi status darurat kebakaran hutan dan lahan di Kalteng, Pemerintah Provinsi sudah menetapkan status darurat. Hanya nantinya akan diserahkan ke kabupaten dan kota yang mengalami dampak terburuk.

“Kepala Daerah yang nantinya mengerti sampai sejauh mana kondisi daerahnya. Memang, sejumlah daerah memang masih belum normal seperti Murung Raya dan sebagainya”,terangnya. (NATA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00