• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dampak Karhutla, RSUD Doris Silvanus Palangkaraya Buka Rumah Oksigen Gratis

15 September
10:45 2019
1 Votes (5)

KBRN, Palangkaraya : Kabut asap yang terus terjadi di kota Palangkaraya, berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat terutama bagi balita dan lansia, rentan terkena penyakit gangguan pernafasan. Untuk mencegah hal tersebut, Rumah sakit umum dokter doris Silvanus membuka rumah oksigen dengan fasilitas 5 bed dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 21.00 malam.

Kepala Seksi Humas Pelayanan Unit Pelayanan Pengaduan Kesehatan RSUD Doris Silvanus Kota Palangkaraya Cipta Yanatama mengatakan, kekurangan oksigen dan seringnya terpapar partikel debu akibat kabut asap,  mengakibatkan timbulnya infeksi saluran pernafasan serta menimbulkan sakit Kepala.

“Kalau hal ini dibiarkan, pasien ISPA akan bertambah banyak, dan akan mucul berbagai macam penyakit atau komplikasi,” kata cipta kepada RRI Minggu (13/9/2019)

Untuk itu, masyarakat yang mengeluhkan gangguan pernafasan, disarankan segera mengunjungi rumah oksigen yang dimiliki RSUD Doris Silvanus, lokasinya berada di gedung baru Instalasi Kesehatan Reproduksi lantai satu, dekat pintu keluar RSUD Doris, guna mendapatkan pertolongan medis melalui pemberian oksigen tanpa dipungut biaya.

Di tempat yang sama, menyikapi kondisi Karhutla, Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Hubungan Masyarakat RSUD Dorris Sylvanus Palangka Raya dr. Theodorus Sapta Atmadja menghimbau masyarakat, menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, serta memperbanyak mengkonsumsi cairan dan buah buahan, mengingat kualitas udara yang semakin memburuk saat ini, rentan menimbulkan infeksi saluran pernafasan.

“Jika sudah terjadi gangguan kesehatan akibat asap, kita sarankan masyarakat secepatnya di rujuk ke fasilitas kesehatan tingkat pertama terdekat atau ke dokter keluarga, namun bila sudah terjadi  kegawatdaruratan medis langsung dirujuk ke IGD, guna mendapatkan pertolongan dengan cepat,” ucapnya

Terkait Rumah oksigen bebas asap, pihaknya mempersilahkan masyarakat baik dari Palangkaraya maupun daerah untuk mengunjungi.

Sementara itu, data terbaru pasien penyakit infeksi saluran pernafasan di RSUD Doris Silvanus Bulan September, pasien ISPA rawat jalan 10 orang, rawat inap 1 orang, sedangkan pasien terkena asma rawat jalan 19 orang dan rawat inap 5 orang, dan lainnya 1 pasien berusia 2 tahun opname di ruang flamboyant dengan diagnose asma bronkial

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00