• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Calon Peserta Kepala Daerah, Harus Memiliki Komitmen Serius Membangun Daerah

10 September
12:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya : Politik substantif (substance politic) harus menjadi prioritas untuk terus dilakukan oleh partai politik dan rakyat, agar kemanfaatannya bagi rakyat lebih optimal, terutama menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan kembali dilakukan pada tahun 2020 mendatang.

Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Kalimantan Tengah, H. Heru Hidayat mengatakan, sebelum maju Pilkada, seluruh kepala daerah sebaiknya ditanyakan  komitmen seriusnya dalam membangun daerah dan upayanya dalam mensejahterakan rakyatnya. Karena lanjut Heru sebagai calon pemimpin, rakyat perlu tahu visi dan misi calon  pemimpin yang mereka pilih. Disamping itu masyarakat juga harus mengetahui aturan mengenai pilkada dari para bakal calon kepala daerah, salah satunya terkait aturan tentang  cara kepala daerah bisa mendaftarkan diri, baik melalui jalur independen atau partai politik. 

“Apabila menggunakan jalur partai politik maka tahapan substansif yang  harus dilakukan yaitu menjaring aspirasi dari struktur, kader, simpatisan, dan rakyat untuk menyampaikan usulan dan juga masukan konstruktif bagi pengambil keputusan di tingkat pusat dalam penetapan bakal calon kepala daerah yang akan diusung maupun didukung,” kata Ketum PKS yang baru saja selesai menunaikan rukun Islam kelima kepada RRI Selasa (10/09/2019)

Menurut Heru, proses yang sangat penting mendapatkan masukan konstruktif yang bisa menjadi bahan rekomendasi bagi para bakal calon kepala daerah, apa dan bagaimana yang harus dilakukan apabila bakal calon kepala daerah diusung atau didukung menjadi calon kepala daerah. Sehingga tatkala para calon kepada daerah ini menang, tidak saja berbicara pelantikan, namun harus berkomitmen untuk merealisasikan visi, misi, dan program pembangunan daerah dan upaya mensejahteranya rakyatnya

Heru menambahkan, politik substantif (substance politic) sangat penting dari pada sekedar politik pencitraan (politic imaging) tujuannya memberikan kemanfaatan rakyat secara berkelanjutan yang digerakkan oleh visi, misi dan program seperti pemikiran, konsepsi, idealisme, garis perjuangan, integritas moral, etika, dan aspek-aspek keberpihakan kepada rakyat secara nyata.
Sementara itu, untuk bisa mengambil keputusan tingkat pusat yang aspiratif dan konstruktif bagi kemanfaatan rakyat secara umum, prosesnya harus dimulai dari tingkat daerah dan wilayah untuk membuka diri prosesnya. Dan  PKS Kalteng menghadapi Pilkada, lebih memilih membangun politik substantif untuk mendapatkan aspirasi dan masukan konstruktif dari struktur, kader, simpatisan dan rakyat umum serta kajian dari para akademisi sebagai bahan yang akan direkomendasikan kepada calon kepala daerah yang kelak akan diusung. Dengan demikian, secara tidak langsung partai politik memberikan andil positif bagi terwujudnya pembangunan daerah, seiring masukan dan saran konstruktif yang diberikan kepada calon kepala daerah

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00