• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemprov Kalteng Koordinasi Agar Akar Bajakah Tidak Diekploitasi Besar-Besaran

17 August
14:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Masyarakat diingatkan untuk berhati-hati dengan banyaknya pedagang yang menawarkan akar bajakah di pasaran. Dikhawatirkan akar bajakah yang banyak beredar di masyarakat tidak berkhasiat menyembuhkan penyakit kanker seperti yang sedang viral diberitakan. Mengingat terdapat banyak jenis akar bajakah di Kalteng. 

Hal demikian dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, usai mengikuti upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2019 Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya. 

Sekda Kalteng ini menambahkan Pemprov Kalteng juga telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Balai Karantina Pertanian untuk mencegah eksploitasi besar-besaran terhadap tanaman yang tumbuh di hutan tersebut. 

“Kepala Balai POM juga kami minta melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap peredaran akar bajakah. Kita harapkan ini kan masih proses penelitian. Nanti yang dipublish itu benar-benar akar bajakah yang bermanfaat untuk penyembuhan kanker,” tuturnya pada Sabtu (17/8/2019) di Palangka Raya. 

Lebih lanjut dikatakan Sekda Kalteng, Pemprov Kalteng juga berharap dari hasil penelitian lebih lanjut terhadap akar bajakah tunggal dapat diketahui zat yang terkandung dalam tanaman tersebut dan seberapa dosis yang diperlukan untuk dapat mengobati kanker. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00