• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jaksa-ASN Kalteng Peduli Karhutla

13 August
23:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Masih maraknya kejadian kebakaran lahan di Kota Palangka Raya membuat petugas pemadam kebakaran di lapangan cukup kewalahan. Hal ini menggerakkan pihak Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Tengah untuk ikut ambil bagian menangani kebakaran hutan dan lahan dengan turut membantu petugas memadamkan api.

Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalteng, Mukhlis, mengatakan pada Rabu (14/08/2019) sekitar 500 orang gabungan pegawai Kejaksaan dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Kalteng akan turun lapangan membantu memadamkan kebakaran lahan di Palangka Raya. 

“Walaupun kemampuan ASN dan jaksa itu tidak di bidang penanganan Karhutla ini tapi kita ingin menggugah masyarakat bahwa bencana Karhutla yang terjadi ini bukan hanya tanggungjawab dinas yang terkait saja, tapi tanggung jawab bersama jadi untuk kita mengundang juga semua masyarakat kota Palangka raya untuk sama-sama,” ujarnya.

Mukhlis menjelaskan lokasi pemadaman kebakaran lahan nantinya akan diarahkan oleh pihak Satgas BNPB. Tentunya lokasi yang dipilih adalah titik aman bagi masyarakat yang akan membantu pemadaman secara manual.

Lebih lanjut dikatakan, sebelum turun melakukan pemadaman kebakaran lahan, akan dilakukan upacara dan penyuluhan yang dipimpin langsung oleh Kajati Kalteng. Selesai upacara akan dilakukan Sholat Istisqa untuk meminta hujan. Pada waktu yang sama di tempat yang disiapkan Kejati Kalteng juga akan dilakukan doa bersama lintas agama. Upacara dan doa akan dilangsungkan mulai pukul 06.30 pagi di halaman Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00