• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Musim Kemarau di Kalteng Hingga Oktober, Status Siaga Darurat Karhutla Diperpanjang

12 August
22:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangka Raya: Status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Tengah akan diperpanjang hingga 30 Oktober 2019. Demikian hasil Rapat Koordinasi Evaluasi Status Siaga darurat kebakaran hutan dan lahan di Kalteng pada Senin (12/8/2019) di Palangka Raya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, mengatakan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kalteng diperpanjang berdasarkan beberapa pertimbangan diantaranya musim kemarau yang diprediksi berlangsung sampai bulan Oktober. 

Selain itu, ada dua kabupaten di Kalteng yakni Kotawaringin Timur dan Lamandau yang telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan sampai tanggal 29 Oktober 2019.

“Ada dua kabupaten yang masih dalam status siaga darurat. Akhirnya kita otomatis perpanjang. Dengan dasar itu mungkin kita akan perpanjang sampai 30 Oktober,” ujarnya.

Pertimbangan lainnya untuk memperpanjang status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan Provinsi Kalimantan Tengah terkait tingginya hotspot, rendahnya kualitas udara dan menurunnya jarak pandang akibat kabut asap.

Data hotspot sejak 1 Januari-9 Agustus 2019 dilaporkan mengalami peningkatan sebesar 70 persen lebih dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara jarak pandang minimum harian sejak tanggal 7 Agustus dilaporkan berada di bawah 2 kilometer.

Pemerintah kabupaten/kota lainnya di Kalteng juga didorong untuk memperpanjang status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan dengan memperhatikan perkiraan musim kemarau dari BMKG. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00