• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Akibat Kabut Asap, Jam Masuk dan Pulang Sekolah Diatur Ulang

7 August
16:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Akibat kualitas udara di kota Palangkaraya sebulan terakhir ini tidak sehat, Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya mengeluarkan kebijakan tepat, dengan mengatur jam masuk dan pulang sekolah.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya Sahdin Hasan kepada RRI.  Dijelaskan Sahdin, keluarnya kebijakan tersebut berdasarkan pantauan terhadap kualitas udara yang semakin memburuk, juga tidak terlepas dari dengar pendapat dengan sejumlah pihak terkait antara lain dinas kesehatan, dan guru di sekolah.

Selama kondisi kabut asap seperti sekarang ini, jam masuk sekolah yang awalnya jam 06.30 kami mundurkan jadi jam 07.00, kemudian untuk jam pulang sekolah yang awalnya jam 12 siang, kami majukan jam 11 siang, ini berdasarkan masukan dari berbagai pihak,” kata Sahdin kepada RRI Rabu (7/8/19)

Selain itu, khusus untuk pelajaran yang berkaitan di luar sekolah seperti pelajaran olah raga, sementara waktu ditiadakan, guru hanya diperkenankan memberikan materi pelajaran di ruang kelas.

Saat disinggung terkait kebijakan meliburkan sekolah ketika kabut asap sudah semakin pekat, pihaknya belum bisa memastikan, karena pihaknya harus mempertimbangkan kalender pendidikan yang sudah ditetapkan tanggalnya, lagipula selama ini peserta didik sudah banyak libur pasca bagi rapot, dikhawatirkan akan terjadi  kurangnya jam pelajaran  kalau diliburkan terus menerus.

Sementara itu, dari pantauan alat pendeteksi kualitas udara, dari tanggal 1 sampai 6 Agustus 2019 hasilnya fluktuatif antara di level sedang dan tidak sehat. Tingkat keparahan terjadi pada tanggal 4 dan 5 Agustus lalu, dimana kualitas udara berada di level 186 dan 179 hal ini menunjukkan level tidak sehat untuk dihirup manusia dan makhluk hidup lainnya.

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00