• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BLH Palangkaraya Sarankan Tiap kelurahan, Punya Relawan Anti Asap

6 August
15:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Palangkaraya : Upaya pemadaman terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan ketika sudah meluas sangat sulit di lakukan, apalagi titik api rata rata berada di lahan gambut, membuat petugas BPBD bekerja ekstra dalam memadamkan api, bahkan helikopter water bombing sudah dikerahkan secara intensif memadamkan api  lewat jalur udara.

Menyikapi hal tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Palangkaraya Antonia Kupa menyarankan tiap kelurahan, dapat membentuk relawan anti asap yang dibiayai melalui dana APBD maupun APBN, karena secara umum, pencegahan lebih efektif daripada penanganan, bahkan biaya yang dikeluarkan lebih besar ketimbang memberi insentif kepada relawan anti asap.

Kebakaran hutan dan lahan kalau sudah terlanjur parah sulit untuk diatasi, contohnya seperti sekarang ini, makanya lakukan pencegahan, karena lebih baik daripada penanganan,” kata Kupa kepada RRI selasa (6/8/19)

Lebih jauh Kupa menjelaskan, sebelum terlanjur meluas, ada baiknya pemerintah pusat dan daerah secara cepat, membuat regulasi dengan menambah anggaran dana desa ke tiap Kelurahan, khususnya di daerah rawan karhutla seperti halnya Kalteng, dengan demikian tim relawan bisa bergerak dengan cepat melakukan pencegahan menyisir ke sejumlah lahan milik masyarakat, selanjutnya  mengedukasi untuk stop membakar lahan.

Sementara itu, sejak seminggu terakhir ini kebakaran di kota Palangkaraya semakin masif, mirisnya lahan yang terbakar rata rata ada pemiliknya. Sejak hari Selasa ini saja sudah ada 5 lokasi kebakaran terpantau oleh petugas BPBD, antara lain : ada di jalan cilik riwut km 6 belakang kompi, Jalan Ir Sukarno, Jalan Karanggan area bandara, Jalan RTA Milono, dan Jalan Lingkar Luar.

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00