• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sorotan Jelang Tiga Tahun Pemerintahan Gubernur dan Wagub Kalteng Sugianto Sabran-Habib Ismail Bin Yahya

21 May
19:15 2019
1 Votes (2)

KBRN, Palangka Raya: Masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dan Habib Ismail Bin Yahya memasuki tahun ketiga. Tanggal 25 Mei 2016 Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tersebut dilantik memimpin Bumi Tambun Bungai.

Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya dalam memimpin Kalteng mengusung visi “Kalteng Maju, Mandiri, dan Adil untuk kesejahteraan Segenap Masyarakat menuju KALTENG BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis). 

Namun menurut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Palangka Raya, Profesor Kumpiady Widen, kegiatan pemerintah provinsi Kalimantan Tengah masih banyak yang di luar dari visi-misi gubernur dan wakil gubernur.

“Harus berhasil dan tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat. Kan itu BERKAH itu. Bidang kemiskinan, transmigrasi, kependudukan, transportasi harus juga mengarah ke Kalteng BERKAH itu sesuai visi misi gubernur yang sudah digariskan. Saya liat banyak kegiatan yang di luar visi misi,” ujarnya pada Selasa (21/5/2019) di Palangka Raya.

Akademisi Universitas Palangka Raya ini juga menyoroti belum adanya program atau kegiatan di masa pemerintahan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya yang khas. Menurutnya, apa yang dilakukan pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng ini masih bersifat umum.

Kumpiady Widen juga menekankan pentingnya kepala daerah membangun hubungan yang akrab dan terbuka dengan masyarakat yang dipimpinnya.

Di sisa masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, Dekan Fisip UPR ini menyarankan agar seluruh masyarakat tanpa memandang suku dan agama dilibatkan untuk ikut menyukseskan pembangunan di Kalteng.

Ia menambahkan tindakan Gubernur Sugianto Sabran yang menon-jobkan beberapa pejabat di awal masa kepemimpinannya tanpa alasan yang jelas juga menjadi catatan penting yang harus diperhatikan.

Hal senada disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah, Freddy Ering. Menurutnya, masalah organisasi pemerintahan yang masih belum tuntas menjadi catatan penting bagi kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya.

“Di lain pihak ada rangkap jabatan, ada non job, ada yang masih Plt (Pelaksana tugas). Masalah organisasi pemerintahan yang belum solid, belum tertata sebagaimana yang diharapkan. Rekruitmen tenaga kontrak dan lain-lain. Masalah dalam arti luas kepemerintahan juga menjadi tantangan untuk sisa masa pemerintahan untuk dibenahi,” tuturnya.

Di samping itu menurut Freddy Ering, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama masyarakat harus benar-benar mempersiapkan diri terkait rencana pemerintah pusat memindahkan ibukota pemerintahan RI.

Freddy Ering mengatakan persiapan dari segi pembangunan infrastruktur maupun peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) mutlak dilakukan menghadapi kemungkinan Kalteng terpilih menjadi ibukota baru.

Sementara itu, dari sisi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengaku banyak kemajuan dan keberhasilan pembangunan di tiga tahun masa kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya yang belum terpublikasikan dengan baik.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Herson B. Aden, mengatakan jelang peringatan HUT Kalteng pihaknya telah mengundang media untuk berdiskusi guna memberi gambaran kepada publik mengenai prestasi dan pencapaian pemerintahan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya.

“FGD dengan media Pemprov ada tiga bidang yang kita diskusikan yaitu bidang ekonomi, kesra dan infrastruktur. Dari hasil diskusi ini  memang terlihat banyak sekali info data keberhasilan pembangunan yang telah dicapai tiga tahun ini yang tidak  terpublish,” ujarnya.

Menurutnya, diskusi dengan media tidak bermaksud melebih-lebihkan prestasi dan capaian yang diraih Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Namun diharapkan, masyarakat luas dapat lebih mengetahui apa saja yang sudah dilakukan pemerintah provinsi dan apa saja yang akan dilakukan di masa mendatang. Sisa dua tahun masa kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran dan Wagub Habib Ismail Bin Yahya diharapkan semua indikator kinerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dapat tercapai demi terwujudnya Kalteng BERKAH. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00