• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

LPMP Kalteng : Hentikan Kasus Bully Di Medsos

15 May
22:56 2019
0 Votes (0)

KBRN,Palangkaraya : Pelaku bully di media sosial harus segera dihentikan lewat Pendidikan Karakter. hal ini diungkapkan kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah Hj Sukaryanti kepada RRI. Meskipun kasus bully seringkali berawal dari media sosial, tetapi secara tidak langsung memiliki efek buruk bagi perkembangan peserta didik ke depannya, dan tak jarang bisa menimbulkan trauma berkepanjangan kepada korban.

"Masih adanya kasus bully membuat keprihatin tersendiri bagi dunia pendidikan, mengingat negara indonesia adalah negara hukum, tidak sepatutnya peserta didik melakukan tindakan tidak terpuji mengejek kepada kawan sekelas, bahkan hingga berujung pada perkelahian di dunia nyata," kata Sukaryanti kepada RRI Rabu (15/5/2019)

Untuk itu, upaya mencegah kasus buly terjadi, sekolah diharapkan lebih gencar menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik, caranya diawali dari guru di sekolah dalam mengajarkan contoh contoh keteladan serta nilai nilai akhlak mulia kepada murid selama di lingkungan sekolah, selanjutnya ketika sudah di rumah tanggung jawab berada di pundak kedua orang tua.

"Jangan sampai karena kesibukan kerja, sehingga kontrol terhadap  anak jadi terabaikan, karena tanggung jawab pendidikan bukan hanya diserahkan kepada tenaga pendidik dalam hal ini guru, namun semua orang dewasa, termasuk orang tua di rumah harus memiliki strategi dalam membina anak," tukasnya.

  • Tentang Penulis

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

  • Tentang Editor

    Edy Suroso

    Reporter RRI Palangkaraya : hari hari saya, saya habiskan untuk kegiatan keagamaan, mencari berita dan dunia pendidikan non formal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00