• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Salurkan Beasiswa Rp2,4 M BSM dan Unand Cetak Mahasiswa Sociopreneur

24 February
14:00 2020
0 Votes (0)

KBRN, Padang : PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) dan Lembaga Amil Zakat (Laznas) BSM Umat menyalurkan beasiswa sebesar Rp2,4 miliar bagi 25 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) yang terpilih. Penyaluran beasiswa tersebut melalui  Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP).

"Hari ini kita bersama Laznas BSM Umat bekerjasama dengan Unand, melaunching ISDP. Unand merupakan kampus pertama di pulau Sumatera yang kami pilih mendapatkan ISDP, " ucap Pejabat Eksekutif Mandiri Syariah Rosma Handayani saat meluncurkan kegiatan tersebut di Gedung Convention Hall Unand, Senin (24/2/2020).

Menurut Rosma, ISDP adalah program beasiswa bertujuan mencetak wirausahawan muda yang memiliki kepedulian sosial kepada masyarakat dan lingkungan. Melalui program ini mahasiswa diberikan pengetahuan dalam bidang sociopreneur, pembinaan mental dan spiritual, pemberian uang saku, SPP, permodalan, hingga pelatihan/magang kewirausahaan serta pendampingan usaha.

"Beasiswa senilai Rp2,4 miliar ini ditujukan bagi 25 orang mahasiswa yang terpilih dengan jangka waktu selama dua tahun," sebutnya. 

Selain itu program ISDP, kata Rosma, merupakan upaya BSM mewujudkan bank syariah mampu mengembangkan ekosistem yang tak hanya berorientasi internal (profitabilitas perusahaan). Namun juga berdampak positif secara luas untuk masyarakat, lingkungan, serta berkontribusi nyata pada upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

“Program ini sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah dalam melahirkan para pemuda yang mandiri dan mampu berwirausaha dengan segala keterampilan yang dimilikinya,” ungkapnya. 

Rosma Handayani menambahkan Mandiri Syariah telah bekerja sama dengan Unand sejak tahun 2008 terkait produk dan layanan perbankan syariah. 

“Mandiri Syariah dan Unand mempunyai satu kesamaan visi yaitu meningkatkan kualitas manusia melalui pendidikan dan pengembangan jiwa kewirausahaan mahasiswa,” tuturnya. 

Sementara itu, Wakil Rektor III Unand Insannul Kamil mengapresiasi, langkah BSM dan Laznas BSM dalam menyalurkan beasiswa guna mencetak mahasiswa sociopreneur. Sebab diharapkan mahasiswa ke depannya tidak lagi hanya berpikir menjadi pencari kerja, tetapi menjadi pemberi lapangan pekerjaan.

"Jika sudah dimulai sejak mahasiswa menjadi enterpreneur, maka nantinya diharapkan dapat menjadi mandiri dengan membuka berbagai usaha yang mempekerjakan masyarakat disekitar," jelasnya.

Insannul menyampaikan, selama ini mereka telah memiliki Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan mendapatkan animo sangat tinggi dari mahasiswanya. 

“Dengan adanya beasiswa ISDP Mandiri Syariah ini pastinya akan semakin membuka peluang mahasiswa Unand untuk dapat mengembangkan usahanya," sebutnya. 

Direktur Laznas Rizqi Okto Priansyah menyampaikan sebelumnya telah ada lebih dari 90 mahasiswa penerima beasiswa ISDP dari Institut Pertanaian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Islam Negeri (UIN) dan Sekolah Ekonomi Islam (SEBI).

“Kami berharap dapat terus menambah jumlah mahasiswa yang dapat dibina, sehingga program ini memberikan dampak positif khususnya dari sisi sosial ekonomi masyarakat dan menambah keberkahan bagi umat,” ujarnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00