• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Disdukcapil Kota Padang Ajukan Penambahan 30 Ribu Blangko e-KTP

21 February
15:30 2020

KBRN, Padang : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang telah mengajukan permohonan penambahan 30 ribu blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pada Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Berdasarkan arahan Dirjen Dukcapil saat rapat koordinasi (rakor) beberapa waktu lalu, pusat akan berupaya memenuhi kebutuhan pelayanan dasar masyarakat tersebut," kata Kepala Disdukcapil Kota Padang Muji Susilawati kepada RRI, saat ditemui di kantornya, Jumat (21/2/2020).

Menurut Muji, secara keseluruhan kebutuhan blangko e-KTP saat ini mencapai 35 ribu keping. Jumlah tersebut berasal dari sekitar 28 ribu pemegang surat keterangan (suket) dan 8 ribu yang sudah melakukan perekaman e-KTP. 

Lanjutnya, pemberian blangko terkadang tidak seluruhnya langsung diberikan oleh pusat sesuai dengan permintaan. Meskipun demikian, pihaknya berharap agar pemberian blangko e-KTP nantinya sesuai dengan kebutuhan, bahkan kalau dapat lebih.

"Bulan Maret depan kita akan coba koordinasi lagi dengan pusat menunggu arahan Dirjen Dukcapil. Kalau datang 35 ribu blangko, maka tunggakan pencetakan e-KTP di Kota Padang dapat selesai," ungkapnya. 

Muji Susilawati menambahkan, setiap hari pihaknya dapat melayani perekaman e-KTP mencapai sekitar 300 orang. Meliputi pergantian perubahan identitas, KTP hilang, rusak, penukaran alamat, pendatang baru. 

"Semoga kita segara mendapatkan kiriman blangko dari pusat, sehingga bisa melakukan pencetakan," sebutnya. 

00:00:00 / 00:00:00