• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

2020, Target PAD Bapenda Kota Padang Capai Rp641 M

21 February
14:13 2020

KBRN, Padang : Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang ditargetkan dapat memungut 11 item pajak daerah sebagai penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp641 miliar pada 2020 ini. Target itu meningkatkan jika dibandingkan tahun sebelumnya mencapai Rp73 miliar.

"Kenaikannya cukup banyak dibandingkan tahun 2019 mencapai sekitar Rp73 miliar. Kalau tahun lalu target pajak daerah sekitar Rp565 miliar," ujar Kepala Bapenda Kota Padang Al Amin saat ditemui RRI di kantornya, Jumat (21/2/2020).

Menurut Al Amin, pihaknya berupaya penuh agar dapat mencapai target PAD pada tahun ini. Salah satu upaya yang dilakukan yakni memaksimalkan penerimaan dari wajib pajak, dan menggali potensi pajak daerah yang belum tergarap dengan optimal.

"Kita akan maksimalkan 280 orang petugas pemungut pajak yang ada. Tidak ada istilah hari libur dalam memungut pajak, pada sabtu dan minggu kita juga akan jalan. Tujuannya agar tahun ini Rp641 miliar target penerimaan pajak daerah dapat tercapai," ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang ini menambahkan, kendala yang ditemui yakni masih rendahnya kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk membayar kewajiban perpajakan. Selain itu, kebanyakan masyarakat sering menunda pembayaran pajak hingga akhir tahun atau menjelang jatuh tempo.

"Kami berharap wajib pajak dapat membayar kewajibannya tepat waktu. Sebab pajak yang dibayarkan akan kembali dipergunakan untuk pembangunan Kota Padang," ungkapnya.

00:00:00 / 00:00:00