• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

DLH Padang akan Terima Bantuan Armada Pengangkut Sampah dari KLHK

19 February
13:15 2020

KBRN, Padang ; Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang akan mendapatkan bantuan 5 truk armada pengangkut sampah dan 6 kontainer sampah dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Truk dan kontainer sampah tersebut rencananya akan diterima Pemerintah Kota Padang pada pertengahan tahun ini.

"Berdasarkan informasinya bantuan akan diserahkan kepada kita pada pertengahan 2020 ini," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon saat diseminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (19/2/2020).

Menurutnya, bantuan armada pengangkut sampah tersebut sangat dibutuhkan Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang untuk menunjang operasional kegiatan pembersihan sampah di daerah ini. Sebab berdasar hitungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang memang kekurangan truk pengangkut sampah. Setidaknya masih dibutuhkan 24 truk pengangkut sampah, agar 500 hingga 600 ton sampah yang dihasilkan setiap hari dapat diangkut ke TPA Air Dingin lebih optimal. 

Selain kekurangan armada pengangkut sampah, pihaknya juga masih membutuhkan tambahan 50 kointainer sampah. Akibatnya, hingga saat ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang masih mempergunakan kontainer yang kondisinya sudah tidak layak.

"Kalau dari APBD tahun ini kita hanya ada penambahan 6 kontainer sampah," sebutnya.

Mairizon menambahkan, selain kekurangan truk dan kontainer sampah, DLH Padang masih membutuhkan tambahan 11 unit pick up pengangkut sampah.

"Bantuan dari pusat ini memang sangat dibutuhkan. Kami berharap tahun-tahun selanjutnya penambahan armada pengangkut sampah menjadi prioritas dari Pemerintah Kota Padang," ungkapnya

00:00:00 / 00:00:00