• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

BPBD Padang Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

12 February
15:42 2020
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak cuaca ekstrem yang diperkirakan masih terjadi hingga Maret 2020 mendatang/  Cuaca ekstrem tersebut dapat menimbulkan bencana hidrometerologi seperti berpotensi menyebabkan banjir, longsor, dan pohon tumbang.

"Berdasarkan informasi dari BMKG hingga Maret 2020 ada potensi cuaca ekstrem, sehingga masyarakat diminta lebih waspada dan melakukan antisipasi," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Barlius, saat diseminasi informasi di Balai Kota Padang, Rabu (12/2/2020)9.

Barlius menyebutkan, masyarakat dapat melakukan antisipasi seperti tidak memakirkan kendaraan di bawah pohon yang bepotensi tumbang. Sebab kejadian pohon tumbang paling banyak terjadi jika kondisi sudah hujan disertai angin kencang di daerah ini. Bahkan selama 2019 ada 698 kejadian pohon tumbang yang menimpa kendaraan, rumah, maupun merobohkan tiang listrik sehingga menghalangi akses jalan. Masyarakat dapat meminta bantuan pada Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan  pemotongan pohon yang dikhawatirkan dapat tumbang. 

Sementara itu, daerah rawan banjir di Padang yakni Jondul Rawang Kecamatan Padang Selatan, Kelurahan Tabing Banda Gadang Kecamatan Nanggalo, Kampung Jua dan Arai Pinang Kecamatan Lubuk Begalung dan Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah. Masyarakat di daerah tersebut harus melakukan evakuasi dini, apabila sudah diguyur hujan dengan intensitas lebat selama tiga jam.

"Masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan pun mesti terus meningkatkan kewaspadaan saat diguyur hujan lebat, seperti di kawasan Kecamatan Lubuk Kilangan, Kecamatan Padang Selatan, dan perbatasan Padang-Kabupaten Pesisir Selatan," ungkapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00