• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Keterbatasan Anggaran dalam Penanganan ODGJ di Kota Padang

11 February
12:52 2020
0 Votes (0)

KBRN, Padang ; Dinas Sosial Kota Padang menyayangkan minimnya anggaran untuk penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pada 2020. Dinas Sosial Kota Padang hanya mendapatkan anggaran sebesar Rp65 juta.

Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi mengungkapkan, anggaran sebesar Rp65 juta tersebut sangat kurang bagi penanganan keberadaan ODGJ di daerah ini. Sebab Dinas Sosial Kota Padang harus memfasilitiasi pengobatan ODGJ ke Rumah Sakit Jiwa HB. Sa’anin di Gadut.

"Setiap tahun keberadaan ODGJ yang ada di Kota Padang selalu banyak. Akibatnya, Dinas Sosial Kota Padang mengaku kewalahan untuk menanganinya, apalagi tidak diiringi dengan dukungan anggaran yang mencukupi," sebutnya Selasa (11/2/2020).

Belum lagi, sebut Afriadi, Dinas Sosial Kota Padang di tahun 2019 lalu, masih memiliki hutang pengobatan ODGJ di Rumah Sakit Jiwa HB. Sa’anin sebesar Rp144 juta. Melihat anggaran tahun ini, dipastikan hutang sebelumnya tidak bisa dibayarkan Pemerintah Kota Padang.

"Tunggakan tahun lalu saja mencapai ratusan juta, diakibatkan banyaknya ODGJ yang difasilitasi untuk pengobatan ke rumah sakit jiwa," katanya.

Ia menambahkan,kebanyakan ODGJ tidak berasal dari Kota Padang, tetapi dibuang dari  daerah lain. Pihaknya berharap agar DPRD Kota Padang dan pemerintah kota memperhatikan ketersediaan anggaran penanganan ODGJ, sehingga keberadaan mereka dapat teratasi dengan optimal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00