• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

DPRD Sumbar Tetapkan Perda Retribusi Jasa

3 February
14:30 2020
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat bersama Pemerintah Provinsi menetapkan perubahan Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2016 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi menyampaikan, perubahan perda tersebut, dinilai akan lebih meningkatkan pendapatan daerah serta sebagai upaya peningkatan layanan publik ke arah yang lebih baik. Dengan adanya perubahan perda ini, akan mengakomodir penambahan objek dan tarif retibusi bidang jasa dan usaha.

"Perda tersebut,  sejalan dengan pelimpahan 11 sub urusan dari pemerintah kabupaten kota menjadi urusan pemerintah provinsi. Pemprov nantinya akan memiliki peluang untuk menambah objek penerimaan daerah," ungkapnya saat Rapat Paripurna di Gedung DPRD Sumbar, Senin (3/2/2020).

Menurutny,a, dalam kerangka penyelenggaraan otonomi daerah, pemerintah daerah didorong mengembangkan inovasi dalam meningkatkan PAD. Oleh sebab itu, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang mengelola retribusi daerah harus memiliki strategi dan kreativitas agar penerimaan daerah dari retribusi dapat ditingkatkan.

“Seiring peningkatan, harus diimbangi dengan kualitas pelayanan,” katanya. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyebutkan, adanya perubahan perda ini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah, guna membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan daerah.

“Tentunya keinginan pemerintah daerah guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dapat terwujud,” sebutnya. 


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00