• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Diskominfo Kota Padang Akan Luncurkan E-Kelurahan

15 January
14:15 2020
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang akan meluncurkan aplikasi E-kelurahan, untuk memudahkan warga mengurus dokumen kependudukan, sehingga tidak harus datang ke kantor lurah. Rencananya peluncuran E-kelurahan akan dilaksanakan pada 29 Januari 2020 yang dapat melayani pengurusan 12 macam dokumen

Kepala Diskominfo Kota Padang Rudy Rinaldy mengungkapkan, 12 jenis pelayanan yang dapat dilayani lewat aplikasi E-kelurahan yakni surat pengantar menikah terdiri atas tiga jenis, surat keterangan tidak mampu perorangan, surat keterangan tidak mampu keluarga. Kemudian surat keterangan usaha, surat keterangan domisili usaha, surat keterangan berkelakuan baik, surat keterangan kematian, keterangan ahli waris dan keterangan kehilangan.

"Peluncuran aplikasi E-kelurahan bekerja sama dengan Bagian Pemerintahan Pemko Padang, Asisten I serta camat dan lurah," katanya saat diseminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (15/1/2020).

Menurutnya, pada tahap awal baru bisa melayani 12 jenis surat, dan akan terus meningkatkan sehingga warga menjadi lebih mudah dalam mengurus administrasi kependudukan.

"Masih tahap awal, dan akan terus kita sempurnakan dengan menambah pengurusan pelayanan administrasi kependudukan lainnya," sebutnya. 

Rudy Rinaldy menambahkan,  dengan e-kelurahan dokumen yang dikeluarkan juga lebih terpercaya, karena pada lembar dokumen sudah tersedia kode batang atau barcode yang bisa dipindai guna memastikan keasliannya.

"Nantinya saat peluncuran, pak wali juga akan melakukan teleconfrence dengan camat dan lurah," ungkapnya

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00