• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Komisi IV DPRD Sumbar Soroti Anggaran BPBD Dipotong 30 Persen di 2020

8 January
13:30 2020
0 Votes (0)

KBRN, Padang:  Komisi IV DPRD Sumatera Barat menyayangkan, anggaran di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat terpangkas hingga 30 persen pada APBD 2020.Sementara potensi bencana yang di Sumatera Barat terbilang tinggi, dan selalu mengancam.

"Pada 2019 anggaran BPBD Sumatera Barat mencapai Rp 31 miliar, sedangkan di tahun ini turun menjadi Rp19,9 miliar rupiah," kata Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Barat Benny Utama saat memimpin rapat dengar pendapat dengan BPBD Sumbar, Rabu (8/1/2020).

Menurutnya, bencana datang tidak terduga, baik terkait dimana lokasi, waktu, dan bentuk bencana. Karena tidak terduga, pemerintah daerah harus sungguh-sungguh dalam menghadapi bencana. Salah satunya dalam bentuk menyiapkan anggaran yang memadai. Sebab jika anggaran tersedia dengan memadai, potensi dan efek yang ditimbulkan dari bencana akan bisa diminimalisir.

"Kondisi Sumbar yang rawan dengan berbagai macam bencana, mulai dari banjir, gempa, tsunami, gunung meletus dan yang lain, seharusnya membuat pemerintah daerah menambah anggaran kebencanaan, bukan malah dikurangi," tuturnya. 

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Barat Desrio Putra menyebutkan, meskipun pada 2020, Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan sejumlah iven berskala nasional, tetapi
anggaran BPBD tidak boleh ikut dikorbankan. Diharapkan pada anggaran perubahan 2020, anggaran BPBD dapat dinaikan, karena biasanya setiap menjelang akhir tahun bencana alam kerap melanda Sumatera Barat.

"Anggarannya sangat minim sekali, bagaimana pula akan membuat program yang mampu memberikan edukasi mitigasi bencana pada masyarakat," ujarnya. 

Menanggapi hal itu Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Barat, Erman Rahman mengungkapkan pemangkasan terjadi di tingkat TAPD disebabkan adanya sejumlah iven nasional seperti, Penas Tani, MTQ, Harganas, dan Pilkada.

"Setidaknya anggaran BPBD itu berada di angka Rp31 miliar rupiah. Akan tetapi kami dapat memaklumi terjadinya pemangkasan anggaran pada tahun ini akibat banyaknya event nasional. Namun diharapkan tahun tahun selanjutnya akan kembali ditambah," jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00