• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pimpinan PSBN Tuah Sakato : Menampik Opini Negatif Publik

30 December
20:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Penyandang disabilitas memiliki potensi yang tidak kalah bersaing dengan yang lainnya. Potensi yang ada selama ini kurang diberdayakan sehingga keberadaan  penyandang disabiltas di lingkungan masyarakat seringkali diremahkan, bahkan dianggap sebagai beban. 

Padahal tidak demikian adanya  sebagaimana  ditegaskan  Pimpinan Panti Sosial Bina Netra – PSBN Tuah Sakato, Erliza Rupiah Riawati dalam bincang-bincangnya dengan RRI. Dikatakan, rata-rata penyandang disabilitas  yang menjalani pembinaan di panti memiliki bakat dan kemampuan yang jika diasah maksimal akan melahirkan potensi yang luar biasa. Namun kebanyakan masyarakat atau pihak keluarga cenderung melihat fisik luarnya saja. Akibatnya ruang gerak dan keleluasaan beraktifitas terbatasi. 

Hal demikian jelas Erliza Rupiah Riawati menjadi kendala dalam pengembangan bakat dan potensi anak sehingga ke depannya ia berharap orang tua dan keluarga penyandang disabilitas  membuka ruang seluas-luasnya bagi anak  untuk berkreasi, menuangkan bakat dan kemampuan dalam ruang  yang telah disediakan.

"Kini opini negatif tersebut perlahan mulai ditampik. Orang tua dengan kesadaran sendiri mulai membuka ruang bagi anak untuk mengecap pendidikan yang layak,'' ujarnya kepada RRI, Senin, (30/12/2019).

Sikap pesimis orang tua yang enggan menyekolahkan  anaknya yang  berkebutuhan  khusus cenderung dipcu  perlakuan lingkungan yang kurang  peduli terhadap penyandang disabiltas.  PSBN Tuah Sakato dalam berbagai kesempatan terus merangkul orang tua, memberikan bimbingan dan arahan tentang pentingnya pendidikan bagi masa depan anak. Keterbatasan fisik bukan kendala yang akan merintangi anak mendapatkan haknya, mengecap pendidikan yang layak dan bentuk perhatian lainnya  dari lingkungan sekitar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00